Lihat ke Halaman Asli

Hantus Tommy

Saya bekerja di salah satu BPR (Bank Perkreditan Rakyat) di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Melirik Pembangunan Infrastruktur Nasional di Kalimantan Timur

Diperbarui: 2 Juli 2016   00:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proyek Jalan Tol Balikpapan - Samarinda -- Sumber: kaltim.prokal.co

Pembangunan Indonesia sentris yang digerakan oleh Pemerintahan Jokowi-JK, membuat tiap-tiap daerah di Indonesia menggeliat dalam membangun Infrastruktur masing-masing. Pembangunan Infrastuktur ini dilihat dari kebutuhan masing-masing daerah, seperti halnya daerah yang terpisah oleh sungai ataupun selat/teluk tentunya membutuhkan jembatan agar daerah satu dengan daerah lain terhubung dengan jembatan.

Pemerintah Pusat memberi perhatian kepada tiga proyek infrastruktur yang ada di Kalimantan Timur sebagai proyek prioritas Nasional. Ketiga proyek yang menjadi perhatian pemerintah adalah Proyek Tol Balikpapan – Samarinda, Proyek Jembatan Pulau Balang, dan Proyek Jembatan Sungai Manggar. Ketiga proyek infrastuktur tersebut masuk kedalam APBN,” kata Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Gambar Peta Proyek Jalan Tol Balikpapan Samarinda -- Sumber: risnawariyan.blogspot.com

Proyek Tol Balikpapan – Samarinda

Proyek Tol Balikpapan – Samarinda merupakan proyek skala prioritas Nasional, sebagai masyarakat Kalimantan Timur akan bangga memiliki jalan tol yang menghubungkan kota Balikpapan – Samarinda, selama ini kita hanya tahu bahwa jalan tol dapat dilihat di pulau Jawa.

Jadi adanya proyek jalan tol ini akan meningkatkan perekonomian daerah Kalimantan Timur, khususnya jalur darat antar daerah satu dengan daerah lainnya.

Proyek Jalan Tol Balikpapan Samarinda - Sumber: industri.bisnis.com

Proyek Jembatan Pulau Balang

Proyek Jembatan Pulau Balang merupakan penghubung proyek jalan Tol Balikpapan – Samarinda serta menghubungkan dua daerah yaitu Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Proyek Jembatan Pulau Balang - Sumber: industri.bisnis.com

Proyek Jembatan Sungai Manggar

Proyek Jembatan Sungai Manggar merupakan penghubung proyek jalan Tol Balikpapan – Samarinda. Karena jalur tol Balikpapan – Samarinda melintang sungai manggar yang ada, sehingga membutuhkan jembatan sebagai penghubung jalur tersebut.

Ketiga proyek infrastruktur diatas, akan menjadikan kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Proyek Infrastruktur diatas akan menjadi jalur trans Kalimantan yang baru memiliki waktu tempuh yang lebih singkat dari sebelumnya.

Target selesai proyek infrastruktur diatas akan dapat digunakan awal tahun 2019, sehingga akan memperlancar pendistribusian dari satu daerah ke satu daerah lainnya. Semoga sangat bermanfaat pada masyarakat Kalimantan Timur pada khususnya terutama pada sektor ekonomi dan akan meningkatkan perekonomian Indonesia pada umunnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline