Lihat ke Halaman Asli

Hantus Tommy

Saya bekerja di salah satu BPR (Bank Perkreditan Rakyat) di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

[IndonesiaX] Kursus Online Gratis? Siapa yang Tidak Mau...

Diperbarui: 19 Januari 2016   07:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="IndonesiaX "][/caption]

Pertama kali membaca [Blog Competition] Peranan Edukasi Online dalam Pembentukan Karakter Bangsa yang ditayangkan oleh Admin Kompasiana, saya jadi penasaran untuk mengikuti Blog Competition ini. Apalagi syaratnya juga selain terdaftar sebagai anggota Kompasiana, peserta harus daftar sebagai siswa IndonesiaX. Tanpa pikir panjang, saya mengunjungi situs IndoesiaX yang mengadakan edukasi online serta menyediakan kursus online gratis.

Saya membaca di situs IndonesiaX, di awali dari membaca dengan menu pilihan Tentang IndonesiaX. Apa sih IndonesiaX?? IndonesiaX adalah suatu inisiatif yang terfokus dalam pengembangan dan pelatihan edukasi secara online berkualitas tinggi di Indonesia yang memiliki tujuan untuk memperluas akses masyarakat kepada pendidikan dan ketrampilan dengan platform kursus online gratis atau terbuka secara besar-besaran atau istilah asingnya massive open online course (MOOC). Hal ini mewujudkan visi Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan akses masyarakat kepada pelatihan dan pendidikan terbaik yang bersertifikat.

IndonesiaX merupakan buah karya dari PT. Education Technologi Indonesia (ETI) dengan motto: "Enriching Lives Through Education", bekerjasama dengan institusi ternama seperti universitas dan perusahaan yang ada di Indonesia.

IndonesiaX memiliki Dewan Penasihat yang berasal dari badan non-eksekutif yang berisi perwakilan perguruan tinggi terdepan dan manajemen dari perusahaan terbaik di Indonesia. Adapun susunan Dewan Penasihat IndonesiaX yang mumpuni dan ternama adalah sebagai berikut:

  1. Ketua: Guru Besar Fakultas Teknik ITS Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA
  2. Wakil Ketua: Guru Besar Fakultas Ekonomi UI Prof. Rhenald Kasali, Ph.D
  3. Anggota: Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met Rektor Institut Teknologi Bandung Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA Direktur Utama Bursa Efek Indonesia 2009-2015 Ito Warsito CEO PT Net Mediatama Televisi Wishnutama Kusubandio Direktur Paramount Enterprise Budianto Andreas Nawawi

IndonesiaX berupaya memberikan kursus online gratis terbaik, karena IndonesiaX menyakinan bahwa kekayaan pengetahuan dan kebijaksanaan bukan hanya dimiliki oleh perguruan tinggi saja, akan tetapi dimiliki juga oleh perusahaan dan pemilik bisnis terpercaya. Oleh sebab itu IndonesiaX mengundang non-institusi pendidikan untuk memberikan pendidkan dan pelatihan atau edukasi online secara gratis.

Kursus Online Gratis?? Siapa yang Tidak Mau...

Siapa sih di dunia ini tidak mau gratis?? Pastinya (setiap orang) mau yang gratis... Iya, IndonesiaX memberikan edukasi online melalui kursus online gratis yang sudah berjalan dengan berbagai topik yang menarik diberikan IndonesiaX. Saya mendaftarkan diri untuk mengikuti kursus online gratis ini dengan beberapa topik seperti:

  1. Change Management dari Rumah Perubahan (kursus ini sudah saya selesaikan sesuai dengan jadwal yang ada).
  2. Self Driving: Are You a Driver or a Passenger? dari Rumah Perubahan (sedang berlangsung di sesi keempat).
  3. Introduction to Broadcasting for Television dari Net Mediatama Televisi (sedang berlangsung di sesi ketiga).

serta beberapa topik lainnya yang sedang menunggu adalah:

  1. Public Speaking dari Universitas Terbuka (sedang menunggu dimulai kursusnya).
  2. Introduction to Engineering & Design dari Institut Teknologi Bandung (sedang menunggu dimulai kursusnya).
  3. dan lainnya sedang menunggu.

Yang menarik dari kursus online gratis yang diselenggarakan IndonesiaX ini adalah:

  1. Belajar secara online membantu bagi kita yang hanya punya waktu sedikit disela-sela kesibukan masing-masing, masih dapat belajar tanpa harus hadir di kelas.
  2. IndonesiaX menyediakan perangkat berupa Video yang dapat kita gunakan dengan melihat dan mendengar Instruktur/Pengajar yang menyampaikan materi dari topik yang kita pilih.
  3. Selain itu bagi kita lebih nyaman membaca, IndonesiaX menyediakan materi dari topik yang kita pilih berupa format PDF.

Satu hal yang terpenting disini adalah IndonesiaX memberikan edukasi online ini tidak mengabaikan mutu dari kursus tersebut, melainkan memberikan kursus online gratis yang berkualitas dari narasumber yang mumpuni di negeri ini. IndonesiaX pun mengajak kita yang telah bergabung untuk dapat berbagi dengan kawan dan keluarga melalui email, facebook atau twitter. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline