Lihat ke Halaman Asli

Laris Manis MPV/SUV Modifikasi dari Mobil Angkutan

Diperbarui: 25 Juni 2015   20:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1327548411385731026

Saya yakin anda2 semua sangat kenal kendaraan Kijang maupun Panther, kedua produk ini sudah malang melintang di bumi nusantara dan sekarang juga sudah menjajah lahan Internasional: Malaysia, Philippines, Taiwan, India, Thailand, dan beberapa negara lainnya. Dan tahu kah anda bila kedua mobil ini adalah mobil yg lahir oleh dan untuk Indonesia. Yes, semua permodalan persiapan produksi dan tidak tertutup kemungkinan design nya sebagian besar oleh karyawan2 sebuah group industri otomotif besar Indonesia : ASTRA. Saya tidak tahu apakah ini hasil riset yg jitu atau tak ada lawan yg berarti ataupun ini hanya uji coba yg ternyata sukses besar oleh group ASTRA untuk memperkenalkan sebuah kendaraan keluarga yg lahir dari kendaraan niaga/ angkutan alias juga kendaraan pickup/ bak terbuka. Kedua kendaraan ini mulai dijual dalam bentuk pickup, yg kemudian dikembangkan menjadi wagon: short chassis dan kemudian long chassis. Oleh karena sifat orang Indonesia yg selalu mau ngumpul keluarga terdekatnya kendaraan yg bisa memuat 7 orang ( standard pabriknya ) bisa laris manis terjual sudah ratusan ribu atau malah sudah lewat 1 juta unit terjual sejak diperkenalkan akhir thn 70an untuk Kijang dan awal thn 90 an untuk Panther. Pernah ada lawan lumayan tangguh tapi putus asa ditengah jalan, yaitu Kuda. Saya sangat kecewa ada APM yg bertindak seperti itu memutuskan produksi dan penjualan setelah banyak orang mulai banyak mengoleksinya. Untuk jaman sekarang tipe2 lainnya yg berevolusi dari kendaraan pickup juga menuai sukses di Indonesia adalah : Fortuner bentuk pickup double cabin-nya Hilux, Pajero sport bentuk kendaraan pickup-nya Strada-triton, dan Everest yg berasal dari pickupnya Ranger. Tapi kali ini pengembangnya bukan asli Indonesia, setahu saya awal muncul Fortuner itu di Australia, Everest di Thailand. Kisah sukses pengembangan mobil di Indonesia dibuat contoh kasus sukses buat orang diluar sana. Selanjutnay saya dengar Chevy juga akan punya duo pickup & wagon: Orlando untuk pickup dan TrailBlazer buat wagonnya, isunya akan segera mencari penggemar di bumi pertiwi ini. Tapi mengapa Nissan Navara pickup double cabin yg sudah dijual di sini belum menampakan versi wagonnya? Juga wagonnya Isuzu D-Max yg beberapa kali terlihat di sekitar sunter yaitu: MU7 belum menjual resmi kendaraan itu untuk market Indonesia? Peruntukan kendaraan yg bisa meladeni medan jalanan Indonesia pastinya dibutuhkan kendaraan2 spt itu, tidak usah keluar daerah, untuk warga ibukota saja sangat penting untuk punya kendaraan seperti itu, agar ketar ketir banjir jakarta bisa ditembus tanpa merusak parah city2 car yg biasa dikendara warga ibukota.

1327548487222074494

Bagaimana Agen Pemegang Merek? kurang apa lagi untuk merebut pasar Indonesia yg mudah latah untuk mencicipi kecanggihan design dan teknologi mobil2 baru. Silahkan perang model2 baru dan harga, kita customer nungguin banget: nungguin yg bagus modelnya after servisnya dan harganya terjangkau pastinya .

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline