Lihat ke Halaman Asli

Hanny Setiawan

TERVERIFIKASI

Relawan Indonesia Baru

Geliat Jokowi Mulai Meresahkan

Diperbarui: 18 Juni 2015   02:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Belum dilantik Jokowi mulai meresahkan, bahkan bagi yang merasa "relawan".   Relawan yang sejatinya harus RELA, tapi ternyata meminta kerja di sebuah pokja.   Itulah dinamika politik Indonesia baru yang nampaknya semakin akan marak.

Belajar dari Jakarta Baru yang baru berumur 2 tahun, yang paling berbeda dari Indonesia di bawah Jokowi adalah TRANSPARANSI alias Keterbukaan.  Itulah kehebatan Jokowi yang membawanya sampai ke RI1, dia apa adanya.  "Opo onone" itu bahasa jawanya.  Sejak awal perilaku Jokowi itu dipertanyakan.  Bahkan sampai sekarang pun ternyata masih ada yang mempertanyakan "Keculunan Jokowi" tersebut.  Dan menganggapnya sebuah blunder.

Rumah transisi, usulan melalui sosmed pembentukan kabinet,  perampingan kabinet,  non parpol kabinet, perampingan paspamres, usuluan pengadilan ad hoc HAM, sampai mengakomodir relawan aneh yang minta pekerjaan semua DIBUKA di platform tanpa ditutupi.  Hal ini membuat rakyat dengan gampang berkomentar sekaligus pro dan kontra.   Apakah ini culun?  Bukankah ini yang dijanjikan Jokowi sebuah kebaruan?

Saya sendiri berpendapat bahwa Jokowi masih on the track.  Justru kalau dia mulai bermain politik yang berbeda seperti gaya JK maupun Mega, saya akan sangat kecewa.  Tapi sampai detik ini, saya melihat Jokowi masih kukuh berpegang pada prinsi-prinsip bukan kepada kepentingan transaksional.  Dan itu sebuah misi yang harus didukung seluruh koalisi rakyat.

Akankah dia dijegal, dipansuskan, diteror, bahkan sampai dibunuh?  Saya katakan bisa jadi, dan mungkin terjadi.  Karena memang geliat Jokowi mulai meresahkan semua pihak.  Dan gelombang keresahan ini akan terus membesar dalam 2 tahun mungkin bahkan sampai 5 tahun. Tapi itulah harga sebuah kebaruan.

Dengan merombak 2000 PNS bersama Ahok sebelum pelantikan, sudah jelas Jokowi memberikan isyarat "Kepresidenan bukanlah sebuah permainan, tapi sebuah pertempuran" Mari kita dukung misi pembersihan Indonesia di etape pertama Indonesia Baru.  Karena pelantikan 20 oktober 2014 is not the end of Jokowi campaign, it's just beginning"

Pendekar Solo




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline