Lihat ke Halaman Asli

Hanny Setiawan

TERVERIFIKASI

Relawan Indonesia Baru

Siapa Sebenarnya Dibelakang RUU Pilkada Tak Langsung?

Diperbarui: 18 Juni 2015   01:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

H-20 dari pelantikan anggota DPR baru.  Dan hal ini berarti berhenti tugasnya anggota-anggota DPR yang lama.  Di saat yang sangat mepet ini, DPR  lama masih ngotot untuk menggolkan RUU Pilkada tak langung yang sedang menjadi buah mulut di masyarakat offline maupun online.

Koalisi Merah Putih jelas adalah tersangka utama dari skenario busuk khas politikus kotor yang hanya mementingkan kepentingan elite dan golongan.   Tapi sebenarnya siapa yang dibelakang RUU kontroversial ini?

Faisal Basri, dan Ahok hanya menyebut dengan istilah "pengusul RUU".    Dan setelah ditelusur pemerintah SBY yang mengusulkan RUU ini dan Gamawan Fauzi Mendagri yang menjadi eksekutor bola ini.  Artinya, koalisi Merah Putih hanyalah penerima bola liar ini.  Yang memancing kekeruhan adalah pemerintah SBY.

Apa yang di cari SBY?

SBY lagi-lagi menunjukkan kelihaian atau kelicikannya dalam berpolitik.  Lempar batu sembunyi tangan.  Di kalangan masyarakat sekarang nama Prabowo hancur luluh bersama koalisi merah putih.  Terjun bebas dan tidak akan kembali lagi apabila tidak ada mujizat.

Sebaliknya SBY mulai mencoba membuat manuver melalui dialog dengan Jokowi, mengkritik tim Transisi, membuat video BBM, dll untuk membuat namanya muncul kembali.  Dan terbukti cukup efektif.  SBY memang jago pencitraan yang luar biasa.

Di satu kaki SBY seakan-akan menolong Jokowi, di kaki lain bergabung dengan koalisi merah putih untuk secara terstruktur, masif, dan sistematis merongrong Jokowi dan sekaligus mengkhianati reformasi dengan usulan RUU tersebut.

Bagaimana dengan Gamawan Fauzi ?

Fauzi hanyalah perpanjangan tangan SBY.  Dia hanya pembantu, bukan pemikirnya.  Dengan kasus e-ktp di penghujung karirnya, sama dengan SBY dia hanya membutuhkan safe landing.  Alias kata, yang penting lolos dari bui KPK.

Apabila Fauzi hanyalah perpanjangan tangan, bagaimana Prabowo Cs?  SBY mampu mempermainkan bidaknya dengan lihat dengan mengumpankan umpan mematikan kepada pasukan sakit hati ini.  Mereka memakan umpan SBY melalui mendagri dan disetting oleh Demokrat di parlemen.

SBY-lah yang akan tertawa paling keras apabila RUU busuk tersebut di sahkan.  Namanya bersih, Prabowo cs semakin tersudut secara sosial dan nama baik.  Menang juga berarti kalah, kalau kalah apalagi bagi koalisi merah putih.  Lihai bukan?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline