Lihat ke Halaman Asli

Hanny Kelderak

Akademisi, IAIN Ambon

Kota Teks, Kota Hukum

Diperbarui: 27 Oktober 2023   14:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Dalam sejarah dan ajaran tertib hidup manusia,  manusia mulai terpesona dan takjub sekaligus takut menghadapi fenomena kejayaan dan runtunnya kota kota kekuasaan.maka Pada  abad 11 sampai 13 manusia tertarik untuk membaca dan menulis  teks  teks kekuasaan yg terhadapnya dapat mengharmonisasi kepentingannya.Pada kota bologna kita mengenal hukum modern. Suatu sistem pengetahuan teks hukum, yang padanya merupakan respon akan kebutuhan hukum yaitu kebutuhan akan orang yang memahami hukum. 

Maka suasana untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tertib oleh ahlinya maka orang berminat untuk mempelajari hukum. disanalah dikota bolagna oleh Matilda seorang duchess of Tuscany mendirikan studium general dan Matilda mengundang Inerius untuk mengajar di kotanya.Proses pengajaran dibologna pada masa itu tidak mempelajari hukum yg hidup pada masa itu melainkan hukum yg termuat dalam manuskrip -manuskrip kuno. Bologna merupakan salah satu kota teks pertama dan rujukan perpustakaan di Italia. Dengan manuskrip itu memuat "legal materials" yg dikompilasi dibawa kaisar justianus pada tahun 534. Yg kemudian dikenal sebagai "Corpus juris justinianus"
Atau yg disebut Corpus iuris civilis. Yg terdiri dari:
1. Codec aturan dan putusan kaisar
2. Novellae : undang yang ditetapkan oleh justinianus
3. Institutiones. Buku teks ringksan pengantar untuk mahasiswa hukum pemula.
4. Digenstum atau pandectae.  Memuat proposisi hukum berupa pendirian " holdings" dalam kasus aktual dan pernytaan patamagistratus tentang apa yg akan mereka lakukan terhadap kasus2 prospektif. Diikuti kutipan dan opini.

Cara mengajar di bologna yaitu gurunya memili teks dari pandekta dan membacakanx dihadapan muridnnya. Karena Teks itu sukar, maka diperlukan penjelasanx.  Caranx setelah membaca teks, guru akan menginterpretasi teks itu. Guru memberikan gloss atau orangnx disebut glossator. Artinx menginterpretasi teks itu, kata demi kata baris demi baris.
Disinilah jaran-ajaran teks,masuk memasuki sistem pengajaran hukum dunia, orang mulai mengenal hukum sebagai rumusan2 teks yg berupa bahasa dan putusan. Bahasa dan putusan putusan hukum dikenal sebagai satu sistem pendidikan teks yg dikenal dengan " taks book",  sistem kompilasi dan kodifikasi. Maka karakter profesi yuris terbentuk sebagai Ars," pertukangan"... sistem taks, antara Bahasa hukum dan bahasa pergaulan dikemudian hari atau saat ni,bercerai atau diceraikan, bahasa hukum telah menjadi suatu teknikal yuris yg sulit dipahami oleh dan dengan bahasa pergaulan.....




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline