Assalamualaikum Wr. Wb
Salam Guru Penggerak
Tergerak, Bergerak, Menggerakkan
Untuk menumbuhkan budaya positif di sekolah, di perlukan kolaboratif dengan semua ekosistem sekolah dan orang tua di rumah. Karena pembiasan budaya positif ini, tidak untuk jangka pendek, akan tetapi dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan.
Budaya positif menurut pemikiran Ki Hadjar Dewantara adalah watak/karakter yang merupakan pencerminan dari diri siswa, kodrat yang mereka miliki dari lahir yang mereka bawa dan bisa dijadikan budaya positif di sekolah.
Tujuan pendidikan menurut KHD adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar mereka dapat mencapai kebahagiaan dan keselamatan yang setinggi -tingginya.Baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
Budaya positif ini tentunya harus muncul dari kesadaran diri dalam hal ini motivasi intrinsik dan berpihak pada murid.agar murid dapat berkembang menjadi pribadi yang kritis, menghargai dirinya sendiri dan orang lain, dan bertanggung jawab atas tindakannya selaras dengan nilai-nilai kebajikan 6 dimensi profil pelajar pancasila yaitu Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif, dan bernalar kritis.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H