ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PRODUK ORIGINOTE Perilaku konsumen mengacu pada perilaku individu, kelompok, atau organisasi dalam menggunakan barang atau jasa ekonomi yang berkaitan dengan proses pengambilan keputusan pada saat pembelian dan dapat dipengaruhi oleh lingkungan. Pada era digitalisasi yang kita masuki sekarang banyak informasi masuk dan kita terima dari sosial media, salah satunya adalah tentang bagaimana dunia kecantikan. Sekarang ini tidak hanya wanita yang memperhatikan perawatan untuk tubuh dan wajah mereka tetapi pria juga sudah banyak melakukan hal yang sama. Produk kecantikan sekarang sangat banyak dan dijual dengan harga terjangkau. Pasalnya sekarang ini produk perawatan kulit dan makeup merek lokal sangat banyak dengan kualitas yang bagus dan harga yang sangat terjangkau. Disini saya akan membahas tentang skincare lokal asli Indonesia yaitu brand "Originote". Brand Originote sendiri sudah berdiri dan dipasarkan sejak 2018 tetapi dua tahun belakangan ini skincare originote sangat naik daun dan viral terutama di aplikasi tiktok. Banyak sekali influencer dan beauty vlogger yang mereview skincare brand ini dengan respon yang sangat baik. Salah satu produk skincare originote yang sangat terkenal yaitu Hyalucera Moisturizer. Moisturizer ini banyak sekali terjual di market place dengan bintang 4,9 termasuk nilai yang sangat tinggi untuk produk yang naik daun 2 tahun belakangan ini. Keunggulan dari produk skincare ini mereka memperhatikan sekali produknya mulai dari harga, kualitas, packaging hingga pemasarannya. Originote memiliki varian skincare lengkap mulai dari moisturizer, serum wajah, toner, retinol, sunscreen, eye cream, lash serum, micellar foam hingga masker wajah. Sehingga ketika customer mau pertama kali mencoba produk ini mereka dapat mencoba varian produk lainnya sesuai dengan kebutuhan kulit mereka. Originote juga menjual produk nya untuk semua jenis kulit, ada yang untuk jenis kulit berminyak, kering dan kombinasi. Originote menjual variannya dengan kisaran 40 sampai 80 an ribu rupiah, sungguh harga yang sangat murah untuk produk skincare yang sudah direview dan diapproved oleh puluhan artis, influencer, selebgram hingga beauty vloggers. Namun setiap produk juga memiliki kekurangannya masing-masing, sama hal nya dengan produk ini. Kekurangan dari produk ini adalah tidak semua orang cocok menggunakannya. Ada beberapa orang yang mereview setelah mereka memakai moisturizer originote wajah mereka semakin berminyak, kusam dan lain-lain. Mengingat produk ini adalah perawatan wajah maka wajar sekali jika ada sebagian orang yang tidak cocok memakainya karena produk wajah itu cocok cocokan, yang artinya cocok di orang lain belum tentu cocok di diri kita. Meskipun harganya murah tapi tiruan skincare ini sudah beredar dipasaran dan sempat viral padahal skincare ini cukup murah untuk dibuatkan tiruannya. Daya terima Originote di masyarakat sangatlah tingggi. Seolah masyarakat kita sangat menyambut baik brand ini. Kita bisa lihat data penjualannya seperti di tiktokshop dan shopee.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H