Lihat ke Halaman Asli

Ingatlah Allah dalam Keadaan Apapun

Diperbarui: 7 Desember 2021   14:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: republika.co.id

Nabi SAW. bersabda: "Jagalah Allah, niscaya kau dapati Dia di hadapanmu. Jika engkau hendak meminta, mintalah kepada Allah, dan jika engkau hendak memohon pertolongan, mohonlah kepada Allah."

Jika seorang hamba selalu mengingat Allah, maka Allah akan ingat kepada hamba tersebut. Bentuk ingat kepada Allah tersebut diungkapkan dengan dzikir dalam hati dan perbuatan yang bernilai ibadah.

 

Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku. (QS. Al-Baqarah: 152).

Maksud dari ayat tersebut yakni kita harus selalu ingat kepada Allah dalam keadaan apapun, baik disaat senang maupun sedih. Selalu mengingat Allah dengan cara melafalkan pujian, mengingat kekuasaan dan kebijaksanaan Allah, dan menaati perintah Allah.

Jika kita senantiasa mengingat Allah, maka allah juga akan mengingat hambanya dengan melimpahkan pahala, pertolongan, dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Dan apabila kita diberi suatu kenikmatan, jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada-Nya karena nikmat tersebut semata-mata datang dari Allah. Janganlah di antara kamu ingkar terhadap perintah Allah karena sungguh azab Allah sangatlah pedih.

Salah satu cara untuk selalu mengingat Allah adalah selalu memanjatkan dzikir setelah shalat. Banyak sekali manfaat dari berdzikir, dengan berdzikir Allah akan selalu mengingat kita. Tidak hanya itu, malaikat pun turut mendoakan kita agar mendapat pengampunan dosa dari Allah SWT. Salah satu bacaannya yaitu subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar.

Seluruh manusia tidak bisa memberikan manfaat kepada sesamanya, kecuali dengan takdir Allah. Dan sudah seharusnya seluruh permintaan kita ditujukan kepada Allah semata, bukan kepada sesama manusia. Sebab yang bisa memberikan manfaat hanyalah Allah semata.

Maka dari itu kepada saudara-saudaraku, selalu ingatlah kepada Allah SWT. Karena Dia lah yang telah memberikan segala kenikmatan pada kita, jangan lupa untuk selalu bersyukur apapun yang diberikan Allah kepada kita, meskipun apa yang Dia beri tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Apapun yang telah Allah berikan kepada kita sesungguhnya itulah yang terbaik bagi kita. Karena buruk di mata manusia, belum tentu buruk di mata Allah. Jauhilah segala perbuatan yang dilarang oleh Allah, jangan fokus untuk mengejar dunia karena dunia ini hanyalah sementara, fokus lah untuk mengejar akhirat karena akhirat lah tempat kita kembali dan tempat hidup selamanya.

Referensi: Agus Pranowo -- Maktabah Online Abu Namira | Fuji Eka Permana -- ihram.co.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline