Lihat ke Halaman Asli

Hanif Margan

onyuenyue

[Kreanova] Ide Bisnis Jagung Serut dari Tanaman Jagung

Diperbarui: 19 November 2020   17:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: dimanaja.com

Bagi sebagian besar masyarakat indonesia, jagung merupakan makanan pokok setelah beras. Bahkan di sebagian wilayah timur indonesia, terutama di wilayah NTT, jagung menjadi menu makanan pokok mereka.

Bahkan di dearah jawa timur pun, jagung termasuk menjadi bahan olahan utama dalam citarasa kuliner khas jawa timur. Sebut saja nasi jagung atau dalam bahasa jawa timur disebut sego jagung, dadar jagung yang dalam proses pengolahannya di campur dengan adonan tepung yang sudah dibumbui, kemudian di goreng hingga matang.

Kebanyakan hasil olahan kuliner dengan berbahan dasar jagung yang banyak dijual di masyarakat adalah jagung bakar dan jagung rebus. Jagung yang disediakan pun masih berupa jagung utuh yang telah dibakar maupun direbus. Hanya yang membedakan dari rasa jagungnya adalah ketika telah di olesi bumbu atau semacam krim manis, asin maupun pedas. 

Jagung juga tidak melulu menjadi bahan kuliner yang diolah dengan cara digoreng, direbus maupun dibakar. Seiring dengan berkembangnya model kuliner, kini makanan olahan dengan berbahan dasar jagung pun telah banyak berubah. Salah satunya adalah jagung serut. Jagung serut merupakan salah satu kuliner yang juga menjadi bisnis kuliner paling diminati pada saat ini. 

Jagung yang telah direbus sebelumnya, kemudian bulir - bulir jagung tersebut dipisahkan perlahan dengan cara di parut menggunakan pisau. Kemudian tinggal di taburi dengan keju maupun dituang dengan susu kental manis maupun sirup sesuai dengan selera. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah resep membuat jagung serut sendiri. 

Bahan Utama:

* 100 gr keju cheddar parut

* 4 jagung manis yang telah dipipil atau dipisah dari batangnya ( Disarankan          menggunakan jagung manis )

* 1 sdm margarin

* 1 sachet susu kental manis atau sirup manis  (sesuai selera)

* 1 sachet meses

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline