Lihat ke Halaman Asli

Hanif IzzaturrahmanAhmad

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universtas Muhammadiyah Malang

Kuliah Sambil Mondok? Berikut Salah Satu Wisma Bimbingan Islam yang Bisa Jadi Pilihan di Kota Malang

Diperbarui: 18 Juli 2022   08:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mungkin diantara kamu pernah ada yang memiliki keinginan untuk kuliah sambil mondok? Jika benar maka kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang yang sangat beruntung karena telah diberikan hidayah oleh Allah SWT untuk terus berada dalam jalan kebajikan.

Biasanya mahasiswa yang berkeingingan khusus untuk belajar agama sambil kuliah adalah pribadi yang ingin lebih religius, hemat, dan tentunya ingin menjaga diri dari pergaulan yang semakin bebas di kalangan mahasiswa.

Tak sedikit pula dikalangan mahasiswa yang mencari lingkungan pondok untuk mendapatkan teman yang satu visi dan misi. Ada juga yang berkeinginan untuk menyelam sekaliagus minum air atau gampangnya ya kuliah ya belajar agama juga, ilmu dunianya dapat ilmu akhiratnya juga tidak ketinggalan.

Dilihat dari segi biaya pun sebetulnya mondok lebih murah dan terjangkau dibanding ngekos ataupun ngontrak. Selain itu dibeberapa pesantren mahasiswa juga ada yang menyediakan makan, dan tempat masak. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk keluar cari makan.

Di Kota Malang sendiri terdapat banyak pesantren mahasiswa yang bertebaran. Banyaknya jumlah mahasiswa yang berasal dari kampus besar seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Malang, Universitas Muhammadiyah Malang serta UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjadikan peminatan terkait keberadaan pesantren mahasiswa sangat besar.

Oleh karena itu, mungkin kamu bisa menjadikan salah satu peasntern mahasiswa atau wisma di Kota Malang ini sebagai tempat untuk tinggal sekalian belajar lebih banyak tentang agama Islam secara intensif.

Wisma Ar-Rayyan atau komplitnya Wisma Mahasiswa Bimbingan Islam Ar-Rayyan adalah salah satu wisma atau pesantren mahasiswa yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan, Dakwah dan Sosial Ar Rayani, dengan program dakwah bimbingan islam yang diperuntukan bagi para mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan diberbagai universitas di Kota Malang.

Wisma Ar-Rayyan memiliki dua cabang tempat. Wisma 1 berlokasi di Jl. Raya Dawuhan, Tegalgondo Residence KAV 6, Karang Ploso, Kota Malang. (dekat dengan UMM). Sementara Wisma 2 berlokasi di Jl. Akordion, Perum De Prima Tunggulwulung, Lowokwaru, Kota Malang.

Program wisma ini pertama kali didirikan sekitar 3 tahun yang lalu oleh Prof. dr. Mohammad Saifur Rohman, SP JP (K), PhD, Bapak Syafruddin Munir, dan Bapak Safiuddin yang kemudian melakukan diskusi dengan sebagian pengurus bimbingan islam (BIAS) dengan beberapa aktivis dakwah yang berada di Kota Malang.

“Jadi waktu itu saya diundang orang dari BIAS Jogja. Mereka disana sudah mendirikan Presma (Pesantren Mahasiswa) dan dari situ mereka ingin berdakwah disana yang kemudian memberikan ide untuk mebangun presma juga di Malang”. Kata Pak Munir saat menjelaskan awal mula ide dan proses berdirinya Wisma Ar-Rayyan.

“Mengapa kami tertarik untuk mendirikan Wisma Ar-Rayyan? Karena beberapa tujuan yang inti utamanya adalah ingin mengembangkan dakwah sunnah di Malang, yang mana target utamanya adalah mahasiswa yang diharapkan mahasiswa itu bisa keluar dari wisma atau lebih tepatnya keluar dari Malang, nggak cuman dapat ilmu dari kuliahnya saja tapi Ia juga dapat dari wisma atau tempat tinggal dia…Kita pengen bangun lembaga dakwah yang bagus, kompeten, yang bisa menghasilkan da’i-da’i yang mengikuti sunnahnya (Rasulullah)” ujar Ustadz Ridho (anak dari pendiri utama sekaligus tenaga pengajar di Wisma Ar-Rayyan).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline