Lihat ke Halaman Asli

Hanifiyatul M

I'am student

Garda Terdepan

Diperbarui: 14 Agustus 2022   21:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Analis kesehatan. Mungkin sebagian orang akan memiliki banyak pertanyaan terkait profesi seorang analis,itu memang dimaklumkan karna tenaga kesehatan yang paling dominan adalah dokter,apalagi dimasa pandemic ini,apasih peran seorang analis yang katanya merupakan bagian dari tenaga kesehatan? Ilmu yang diamalkan akan menjadi sangat bermanfaat,kalian pasti sangat kenal dengan peribahasa ini bukan? jadi saya akan memberitahu kalian tentang peran analis sebagai tenaga kesehatan. 

Analis kesehatan atau yang lebih dikenal dengan ATLM (ahli teknologi laboratorium media)di masa pandemic ini  berperan dalam penegakan diagnose COVID-19 dengan menganalisis cairan tubuh seoarng pasien melalui swab atau dari sampel darah pasien,dimana hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh seorang ATLM akan menentukan tindakan yang akan diambil terhadap pasien,karna peran ATLM inilah resiko terkontaminasi sangat besar. Kita seorang ATLM diharuskan memiliki tingkat ketelitian tinggi,karna resiko besar yang akan dihadapi apabila tidak teliti yakni hasil yang salah dimana hal ini berakibat juga pada kesalahan diagnosa. 

Tenaga kesehatan sangatlah dibutuhkan apalagi di masa pandemic ini,resiko yang dihadapi pun sangat besar,mengapa tidak?kita tenaga kesehatan,entah itu Dokter,Perawat,ATLM,secara langsung berinteraksi dengan pasien dengan menggunakan APD,sangatlah tidak nyaman bekerja dengan menggunakan APD seperti yang kalian tau (APD lengkap),masyarakat pasti tau rasanya menggunakan masker itu tidak enak bukan? 

Meskipun sebentar banyak yang akan mengeluh bahwa menggunakan masker itu tidak nyaman,rasanya tidak lega saat bernafas karna bernafas hanya dalam lingkup masker saja,nah,dari keluhan kalian itu,coba kalian bayangkan seorang tenaga kesehatan yang tidak hanya menggunakan masker tapi juga menggunakan alat pelindung lain seharian,untuk itu kita harus menghargai peran seorang tenaga kesehatan apalagi di tengah kondisi pandemic ini.

Saya sendiri adalah calon ATLM,menurut saya tidak mudah karna memang saya belum tau tentang jenjang pendidikan yang saya tempuh,so,saya mulai mengingatkan diri bahwa saya itu disini belajar,jadi wajar saja jika saya tidak tau,kalian tau...rasanya amazing saat kita mulai memahami mata kuliah yang kalian tempuh,dan...cintai pelajaran kalian maka kalian akan memahaminya,saya sadar sepertinya saya banyak meninggalkan poin penting saat pelajaran smp,mengapa smp?

Bukankah jenjang pendidikan terakhir sma baru kemudian kuliah? karna dimasa sma saya lebih belajar tentang kehidupan selanjutnya dan tatanan kehidupan bersama manusia. Jangan lelah untuk berproses karna kita sendiri hakikatnya tumbuh berproses,nanti,pasti ada saat kalian lelah,saat itu terjadi kalian harus ingat bahwa saat kalian berproses artinya kalian berjuang,perjuangan yang kalian lakukan tidak boleh sia-sia hanya karna rasa lelah,ingatkan lagi diri anda bahwa mereka yang berjuang disamping perjuangan anda harus tersenyum karna bunga harapan telah mekar. Kata-kata bukan hanya sekedar rangkaian huruf alphabet saja tapi sebuah magic untuk diri kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline