Lihat ke Halaman Asli

Hanifian Ahmad Musyaffa

Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Peran UMY dalam Pengembangan Kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa

Diperbarui: 19 Mei 2023   14:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Stan Bazar Mahasiswa, Dok. Pribadi

Saat ini, perkembangan kewirausahaan menjadi topik yang diunggulkan di negara-negara industri. Pembinaan kewirausahaan melalui pendidikan dan pelatihan juga telah mengalami peningkatan di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Peranan perguruan tinggi dalam memotivasi mahasiswa untuk menjadi wirausahawan muda sangat penting dalam menumbuhkan jumlah wirausahawan muda dari kalangan mahasiswa, dan untuk menambah lapangan pekerjaan.

Maka dari itu, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta membuat event yang dinamakan "Entrepreneur Day". 

Entrepreneur Day sendiri merupakan kegiatan bazar sebagai bentuk praktikum mata kuliah perencanaan bisnis mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tiap tahunnya.

Kegiatan ini tentunya bertujuan sebagai ujian akhir mahasiswa mata kuliah perencanaan bisnis terkait softskill kewirausahaan. Sekitar 120 kelompok mahasiswa berpartisipasi membuka stan seperti; makanan, minuman, pakaian, hingga aksesoris. Selain itu, mahasiswa dari beberapa universitas lainnya juga turut berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Foto Proses Produksi Usaha, Dok. Pribadi

Event ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena dapat belajar tentang berwirausaha dan berbisnis. Dan juga mendapatkan hal-hal positif seperti kekompakan, kerja sama tim, kedisiplinan, dan ketekunan dalam berwirausaha.

Banyak dari alasan para mahasiswa yang menghindari berwirausaha dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang cara mengelola usahanya. Oleh karena itu, perguruan tinggi mempunyai peran penting di dalamnya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline