Lihat ke Halaman Asli

Perwujudan Profil Pancasila Melalui Kegiatan Persari dan Market Day di SDN Ciracas 11 Pagi

Diperbarui: 29 Desember 2023   00:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkemahan Satu Hari di SDN Ciracas 11 Pagi/Dok Pribadi

Persari adalah singkatan dari Perkemahan Satu Hari. Perkemahan satu hari (PERSARI) merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi peserta didik. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk dari implementasi Profil Pelajar Pancasila, khususnya dengan menerapkan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Kegiatan persari diperlukan untuk dapat melatih kemandiri peserta didik, melatih kedisiplinan, melatih kerja sama dan gotong royong, berinteraksi satu sama lain, belajar mencintai alam, belajar berorganisasi, dan lain sebagainya. 

Berbagai kegiatan selama persari antara lain permainan yang berisi tantangan yang harus diselesaikan peserta didik, mendirikan tenda, pemberian materi mitigasi kebakaran oleh Tim Pendidikan dan Pelatihan Kebakaran Ciracas, baris-berbaris serta outbound.

Demonstrasi kebakaran, Kegiatan PBB, Uji indera, Uji kecermatan, Peserta persari didampingi mahasiswa PPG, Kolaborasi SDN Ciracas 11-Pusdiklatkar/Dok Pribadi

Persari berlangsung di halaman sekolah SDN Ciracas 11 Pagi pada Sabtu, 25 November 2023. Pendirian tenda menciptakan suasana berkemah yang sesungguhnya. Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta didik kelas 2 hingga kelas 4 sebagai pramuka siaga, sedangkan mahasiswa PPL PPG Prajabatan 2023 menjadi Pakcik dan Bukcik yang mendampingi kelompok barung. 

Dalam kegiatan persari ini, SDN Ciracas 11 Pagi mendatangkan Tim Pendidikan dan Pelatihan Kebakaran Ciracas untuk memberi edukasi dalam meningkatkan kesadaran peserta didik akan tindakan pencegahan kebakaran. Bukan hanya sekedar memberikan edukasi berupa materi, tetapi juga memberikan pelatihan langsung dengan memperkenalkan alat-alat pencegahan kebakaran, mengantisipasi dan meminimalkan risiko kebakaran.

Peserta pramuka siaga menjalankan kegiatan wirausaha seusai isoma kegiatan persari/Dok Pribadi

Selain itu di dalam kegiatan Persari juga terdapat kegiatan market day. Kegiatan Market day ini bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan bakat peserta didik SDN Ciracas 11 Pagi dalam bidang kewirausahaan khususnya di lingkungan sekolah. 

Peserta didik memperoleh banyak manfaat dari kegiatan tersebut, seperti meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam menentukan produk yang akan dijual, mereka mendapatkan keterampilan baru dalam berkomunikasi dan berhitung serta dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan percaya diri. 

Peserta didik melakukan kegiatan Market day dengan menjual makanan dan minuman yang mereka buat sendiri, seperti kue, roti, jajanan pasar dan minuman segar dan juga mereka menjual kerajinan tangan. Kegiatan tersebut dapat menjadi sarana bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan potensi mereka dalam bidang kewirausahaan. Kegiatan ini juga dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi peserta didik dalam berwirausaha.

Oleh: 

Gita Lestari Pratiwi (7000134124)
Hanifia Affa Rujipangesti (7000148415)
Khansa Nur Ghazalah (7000151133)

-PPG Prajabatan 2023, Universitas Muhammadiyyah Prof. Dr. Hamka-




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline