Lihat ke Halaman Asli

Muda, Berkarya dan Berwirausaha

Diperbarui: 5 Oktober 2023   16:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Kegiatan seminar kewirausahaan yang dilaksanakan di sekolah minggu lalu sangat membuat saya dan teman-teman saya terinspirasi. Pasalnya, narasumber memberikan pencerahan yang sangat menginspirasi bagi kami para pendengarnya.

Sekolah saya mendatangkan seorang penemu sekaligus CEO dari Assemblr, sebuah perusahaan perangkat lunak 3 dimensi. Beliau menceritakan bagaimana proses dan rintangan yang beliau hadapi mulai dari awal menempuh pendidikannya di universitas hingga akhirnya bisa sampai puncak kesuksesan dengan mendirikan sebuah perusahaan. 

Dalam seminar yang beliau bawakan minggu lalu, terdapat empat poin penting yang disampaikan oleh narasumber terkait dengan kunci kesuksesan dalam berwirausaha. Ke-empat point tersebut adalah Start with why?, passion, Build-Talk-Iterate, dan Fail fast-Learn-Try again. Ke-empat point tersebut saling berkaitan satu sama lain.

Start with why, bermakna untuk selalu menanyakan segala sesuatu dan detail kecil yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Passion, artinya kita harus memiliki rasa cinta pada bidang yang akan kita geluti dalam berwirausaha. Build-Talk-Iterate, artinya buat sebuah produk kemudian diskusikan dengan konsumen. Selanjutnya yang terakhir adalah Fail fast-Learn-Try again, artinya saat gagal kita tidak boleh menyerah begitu saja melainkan belajar daripada kesalahan yang telah kita perbuat dan kembali mencoba untuk bangkit.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline