Lihat ke Halaman Asli

Proses Belajar Anak

Diperbarui: 29 November 2015   18:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

  1. Pentingnya Belajar

Bacalah, bacalah dan bacalah inilah perintah Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad dalam QS AL-ALAQ. Bahwa suatu pengetahuan itu penting dalam hidup kita.dan merupakan sebuah kunci untuk membuka masa depan yang jauh lebih cerah.

Dan bagaimana cara kita untuk mendapatkan kunci tersebut?

Dengan cara belajar seperti halnya ada pepatah yang mengatakan one day one juz,dan sekarang kita juga bisa dan harus bisa melakukan one day one book. Inilah proses belajar untuk meraih kunci kesuksesan.

          Belajar mulai dilakukan sejak kita lahir sampai akhir hayat. Suatu pembelajaran yang mudah merangsang di otak pada saat usia duni pada masa itu dinamakan usia emas (golden age) dimana anak pada masa itu mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dalam suatu proses pembelajarannya.

  1. Karakteristik Cara Belajar Anak Usia Dini

Pada dasarya anak memiliki karakter yang berbeda dalam berperilaku dan juga dalam proses belajar nya. Oleh karena itu kita harus memahami betul karakteristik anak usia dini untuk dijadikan acuan untuk proses belajar anak.

Dan inilah cara belajar anak menurut masioh dkk adalah:

  1. Anak belajar melalui bermain.
  2. Anak belajar dengan cara membangun pengetahuan.
  3. Anak belajar secara alamiah.
  4. Anak belajar paling baik jika apa yang dipelajarinyamempertimbangkan keseluruhan aspek pengembangan, bermakna, menarik, danfungsional.

Dan atas dasar pendapat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwasanya pembelajaran PAUD memiliki karakteristik seperti berikut:

  1. Belajar, bermain dan bernyanyi.
  2. Pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan.

Proses belajar dalam anak usia dini perlu di perhatikan. Karena ini awal anak usia dini memperoleh suatu pembelajaran atau bisa dikatakan pemula.kita sebagai calon pendidik harus memiliki cara untuk mengajarkan anak dalam proses belajarnya dengan cara memperhatikan karakter- karakter anak didiknya agar proses belajar dapat dicapai dengan semaksimal mungkin.

 

         

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline