Lihat ke Halaman Asli

Hanifa Rahma Fatiha Azzahra

Mahasiswa Ilmu Komunikasi - UIN Sunan Kalijaga

Pantai Sadranan, Panorama Indah yang Memanjakan Mata

Diperbarui: 8 Juni 2022   17:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keindahan Pantai Sadranan. Sumber: Dokumen pribadi.

Kota Yogyakarta tidak hanya terkenal sebagai kota pelajar, tetapi juga dikenal dengan kota yang kaya akan wisatanya, baik wisata dataran tinggi, wisata Goa, dan wisata alam pantai,. Wisatawan selalu tertarik datang untuk menikmati momen-momen berlibur di Yogyakarta.

Destinasi wisata bahari yang berada di Yogyakarta, seperti pantai adalah salah satu destinasi favorit para wisatawan, baik dari dalam negeri, maupun luar negeri. Siapapun pasti akan menikmati keindahan alam yang sangat memanjakan mata ini.

Pantai Sadranan Gunungkidul merupakan salah satu pantai laut selatan favorit di Yogyakarta yang memiliki sejuta keindahan dan keunikan. Pantai ini terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istumewa Yogyakarta. Pantai Sadranan ini memang agak tersembunyi diapit antara Pantai Krakal, Slili, dan Pantai Ngandong.

Ciri khas Pantai Sadranan dibandingkan pantai di Gunung Kidul lainnya adalah banyak batu karang yang dekat dengan bibir pantai. Batu karang besar tersebut berfungsi sebagai pemecah ombak, sehingga air yang tiba di tepi pantai menjadi lebih tenang. Potensi keindahan alam yang dimiliki ini, membuat pantai sadranan Gunungkidul senantiasa dibanjiri oleh wisatawan.

Dengan jenis pantai yang pesisirnya landai, membuat panorama sangat cantik dan memanjakan mata. Jika dilihat ada perpaduan indah antara air laut bening dan kejernihan warna laut biru kehijauan yang membuat siapa pun, bersiap untuk menjelajahi keindahan alamnya. 

Sama halnya dengan pantai laut selatan di Gunungkidul lainnya, pasir putih sangat mendominasi dan terlihat begitu halus. Pantai Sadranan pun juga memiliki tumpukan batu karang besar yang ditumbuhi tanaman lebat.

Perpaduan indah air laut. Sumber: Dokumentasi pribadi.

Perlu diketahui, Pantai sadranan ini buka selama 24 jam. Jika ingin berkunjung, waktu terbaik yang disarankan adalah pada pagi hari pukul 6 sampai 8 dan pada sore hari pada pukul 4 sampai 6. Untuk harga masuk ke pantai sadranan ini, dikenakan biaya Rp10.000 per orang.

Harga tiket dapat berubah-ubah sewaktu-waktu serta biaya tersebut merupakan tiket ketika hari-hari biasa saja. Ada kemungkinan besar ketika memasuki hari libur, harga yang dikenakan akan mengalami peningkatan. 

Biaya tersebut terlepas dari ongkos parkir kendaraan, yang mana pengunjung akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 4.000 untuk pengendara sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk kendaraan mobil.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline