Lihat ke Halaman Asli

Artikel Mahasiswa UIN Jogja Ramaikan Kompasiana

Diperbarui: 3 Januari 2017   09:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

image: kompasiana.com

Hari ini, hari ke-3 di bulan pertama tahun 2017. Usai Sholat Subuh, saya iseng membuka akun saya di kompasiana dan men-scroll artikel beberapa orang. Namun ada hal yang membuat saya takjub pagi itu, saya menemukan deretan indeks artikel terbaru pada laman kompasiana yang berisi artikel-artikel ulah hasil karya mahasiswa-mahasiswa  yang berasal dari kampus dan program studi yang sama. Mahasiswa-mahasiswa tersebut ialah mahasiswa/I semester perdana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial & Humaniora, termasuk juga saya hha..

Dengan kebetulan kami mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Yogyakarta pada semester ganjil ini mendapat tugas di mata kuliah Jurnalistik untuk membuat akun di kompasiana dan memenuhinya dengan artikel. Tidak hanya mengisi satu atau dua artikel,  tiap artikel yang diposting dihitung 10 poin, apabila ada artikel yang sukses menembus rubrik pilihan akan dihargai 50 poin dan jika nongoldi kolom Headline akan diberi 100 poin. Dari situ kita harus mengumpulkan 200 poin untuk mengcoverseluruh  nilai tugas dan poin 400 untuk mendapat nilai A di mata kuliah ini dan bebas memasuki ruangan UAS. 

Dan kebetulan juga besok, 4 Januari 2017 adalah hari terakhir batas pengisian artikel di masing-masing akun mahasiswa pada laman kompasiana mereka. Bagi yang belum mencapai target yang telah ditentukan, maka akan membuat edisi kompasiana hari ini akan banyak artikel dari mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Yogyakarta yang akan memenuhi laman depan kompasiana.

Dalam kurun satu semester mengisi artikel di kompasiana, banyak kesan dan ilmu yang didapat. Meskipun menulis sendiri dengan style dan karakteristik masing-masing, dari sini kita berfikir bagaimana caranya tulisan kita bisa mencapai kolom pilihan atau Headline. Apalagi ada teman kita yang sukses menempatkan beberapa artikelnya di Headline dan pilihan, seakan menjadi gamedanmotivasi sendiri bagi kita untuk mengetahui bagaimana menghasilkan gaya tulisan yang bagus dan menarik, diluar bimbingan-bimbingan yang kita dapat di bangku kuliah via dosen. Jadi bagi anda penghobby kompasiana, silahkan menikmati karya-karya mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang tampil hari ini.     




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline