Lihat ke Halaman Asli

Hanifah Nurul Auliya

Creative Writer

Berapa Luas Negara Vatikan? Ini Dia Fakta-Fakta Unik dari Negara Vatikan

Diperbarui: 5 September 2024   12:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : dokumentasi pribadi

Pernahkah kamu membayangkan sebuah negara yang sangat kecil hingga bisa dijelajahi dalam waktu satu hari? Ya, jawabannya adalah Vatikan. Dengan luas hanya 44 hektar, Vatikan memiliki panjang 1.045 meter dan lebar 850 meter. 

Meskipun ukurannya kecil, Vatikan adalah negara yang dipimpin oleh seorang Paus dan merupakan simbol kesucian bagi umat Katolik di seluruh dunia. Fakta unik apa lagi yang dapat kita temukan tentang negara ini? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Negara terkecil di dunia

Jika sebuah negara memiliki berbagai macam wilayah, pulau, atau provinsi, hal itu tidak dengan Vatikan. Negara ini hanya memiliki luas sebesar 44 hektar (0, 44 km2) dan menjadikannya negara terkecil di dunia. Sebagai bayangannya, Monas memiliki luas sekitar 80 hektar. Dengan demikian, luas Vatikan hanya sekitar setengah dari luas Monas. Bisa kamu bayangkan kan, betapa kecilnya negara ini?

Terletak di kota Roma, Italia

Vatikan adalah negara yang terletak didalam kota Roma, Italia, Negara ini dikeliling oleh banyaknya tempat-tempat bersejarah yang ada di Roma. Meskipun berada di dalam Roma, Vatikan memiliki kewenangan dan peraturannya sendiri, tidak terikat dengan Italia. Jika kamu ingin berkunjung kesini, kamu bisa pergi ke Italia dan temukan negara ini di kota Roma.  

Tempat tinggalnya Paus

Banyak orang penganut agama Katolik yang berlomba-lomba untuk berkunjung kesini. Alasannya adalah karena Vatikan merupakah institusi tertinggi dari Gereja Katolik di dunia. Vatikan telah menjadi tempat tinggal Paus sejak abad ke-14. 

Paus yang menjadi pemimpin negara Vatikan saat ini bernama Paus Fransiskus. Dia adalah paus ke-266 dalam sejarah Gereja Katolik dan dilantik pada tanggal 13 Maret 2013. Paus Fransiskus adalah paus pertama yang berasal dari Amerika, tepatnya dari Argentina.

Merupakan situs warisan dunia

Beberapa bagian dari Vatikan, seperti Basilika Santo Petrus, Istana Apostolik, dan taman-taman di Vatikan, diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1984. Pengakuan ini diberikan karena Vatikan memiliki sejarah budaya yang sangat penting terkait dengan Gereja Katolik dan seluruh paus di dunia.

Menggunakan Bahasa Latin

Meskipun terletak di Italia, bahasa latin adalah bahasa resmi di Vatikan. Bahasa Italia hanya digunakan untuk bahasa sehari-hari di Vatikan. Penggunaan bahasa latin biasanya digunakan untuk dokumen resmi dan komunikasi internal di gereja.

Populasinya yang sedikit

Karena negaranya kecil, populasi di negara Vatikan berjumlah kurang dari 1.000 orang. Sebagian besar penduduknya adalah biarawati, pendeta, dan penjaga Swiss yang melindungi Paus. Penjaga Swiss di Vatikan adalah pengawal pribadi Paus dan bertugas menjaga keamanan di Negara Vatikan. Penjaga Swiss telah didirikan pada tahun 1506 oleh Paus Julius II.

Memiliki koleksi seni dan perpustakaan yang luar biasa

Vatikan memiliki koleksi seni yang menakjubkan, termasuk lukisan terkenal di Kapel Sistina karya Michelangelo. Selain itu, Museum Vatikan menyimpan berbagai karya seni dari seniman terkenal di dunia, sementara Basilika Santo Petrus juga menampilkan berbagai koleksi seni berharga. Vatikan juga memiliki perpustakaan yang kaya dengan koleksi manuskrip kuno, dokumen berusia ribuan tahun, dan berbagai jenis buku yang sangat berharga.

Tidak ada pajak penghasilan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline