Lihat ke Halaman Asli

Hanifah Hann

Be your self

Pendekatan Teologi dan Pendekatan Filsafat

Diperbarui: 18 Desember 2019   14:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengertian Teologi
Teologi adalah penelitian rasional yang berhubungan dengan ketuhanan. Teologi merupakan salah satu cabang filsafat yang mempelajari pengetahuan hakekat tuhan dan keberadaannya.

Pendekatan Teologi Normatif
 Secara harfiah diartikan sebagai upaya memahami agama dengan menggunakan kerangka ilmu ketuhanan. Ciri-ciri pendekatan teologi normatif ada 3 yaitu:
1. Loyalitas terhadap diri sendiri.
2. Komitmen.
3. Dedikasi ketaatan dalam ritual keagamaan.

Pengertian Filosofis
Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, filsafat diartikan sebagai pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai sebab-sebab, asas-asas, hukum dan segala sesuatu yang berada di alam semesta mengenai kebenaran dan arti"adanya" sesuatu. 

Ada juga yang berpendapat bahwa filsafat adalah berpikir secara mendalam, sistematik, radikal, dan universal dalam rangka mencari kebenaran dari segala sesuatu yang ada. Filosofi ini mencakup segala hal yang umum. Berfilosofi dapat dilakukan oleh siapapun namun, tak banyak yang sadar bahwa mereka bisa untuk berfilosofi untuk kehidupan yang lebih baik.

Pendekatan Filosofis
Cara pandang yang bertujuan untuk mencari jawaban atas hakikat segala sesuatu yang berada di balik objek formalnya ( objek yang bersifat lahiriah). Bentuk dialektik atau dialogis merupakan ciri khas dari pendekatan filsafat ini. Meskipun pendekatan filsafat ini bertujuan untuk mencari hakikat dari sesuatu tetapi pendekatan ini tidak meniadakan bentuk pengalaman agama yang bersifat formalistik




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline