Lihat ke Halaman Asli

Hanifah Fitria Ependi

Universitas Katolik Parahyangan

Geladi Hominisasi

Diperbarui: 24 November 2022   18:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dari pra geladi, saya mengerjakan tugas dengan memilih video di youtube. Video yang saya pilih adalah mengenai bahan makanan yang ada di Indonesia. Saya juga memilih salah satu bait di Indonesia Raya yaitu "disanalah aku berdiri untuk slama lamanya."

Selama pelaksanaan geladi hominisasi, zoom dimulai pukul 7.45. Saya bersiap diri dengan mengenakan kemeja yang rapi, dan rambut yang dirapikan. Kemudian, pembukaan dimulai, dan kami dimasukkan ke break out room sehingga kami berkenalan dengan beberapa teman dari jurusan lain. Saya bertemu dengan Sava, Alika, Evan, Stephen, Fadhlan, dan Wichita. Mereka sangat membantu dalam saya meningkatkan kepedean saya. 

Selama menyiapkan materi, saya awalnya sangat gugup dan grogi karena baru bertemu dengan mereka. Terlebih, komunikasi lewat zoom sedikit menakutkan. Namun, sedikit demi sedikit saya menjadi semakin percaya diri dan akhirnya saya dapat mengejar ketertinggalan saya dalam berkomunikasi. Kami membuat group di LINE dan bertukar Instagram. Tentu saja, itu dilakuman setelah acara selesai. 

Kami mempersiapkan materi mengenai Hari Pahlawan. Presentasi tersebut kami bentuk dengan format TalkShow. Dengan begitu, semuanya berpartisipasi dan komunikatif. Saya mendapatkan bagian mahasiswa yang menjabarkan hambatan dalam mencapai tujuan Hari Pahlawan.

Pengalaman saya terhadap geladi adalah saya merasa bahwa saya ada kekurangan di dalam berkomunikasi. Namun, saya mendapatkan banyak pengetahuan baru dan menjadi lebih percaya diri.

Dalam geladi hominisasi, logika dan bahasa sangat diperlukan. Karena, semuanya dilakukan dengan interaktif.

Manfaat yang saya dapatkan dari geladi yaitu saya mendapatkan pengetahuan baru dan menjadi lebih baik dalam berkomunikasi.

Kemampuan saya yang dapat diterapkan dalam perkuliahan antara lain yaitu cara presentasi yang baik dan cara mengkomunikasikan ide dan gagasan yang saya punya pada orang-orang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline