Lihat ke Halaman Asli

Hanifah Eka

Mahasiswa UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Mahasiswa KKN UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Ajak Kader Posyandu Membuat Inovasi Olahan Makanan Tambahan

Diperbarui: 9 Agustus 2024   09:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN 54 Kelompok 11 UIN SAIZU Purwokerto/dokpri

Kebumen, 2 Agustus 2024---Mahasiswa KKN UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Kelompok 11 bersama kader posyandu melakukan kegiatan untuk mewujudkan Bonosari zero stunting. Salah satunya yaitu menggelar kegiatan penyuluhan dan praktik pembuatan makanan tambahan berbasis protein sebagai upaya pencegahan stunting. Dalam kegiatan ini olahan yang dibuat yaitu sempol tahu. Kegiatan yang diinisiasi saat posyandu balita berlangsung pada Selasa(2/8/2024) bertempatan di aula Balai desa, desa Bonosari, kecamatan Sempor, kabupaten Kebumen.

Hanifah Eka, salah seorang mahasiswa KKN sebagai narasumber menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada ibu-ibu mengenai pentingnya gizi seimbang bagi proses tumbuh kembang anak. Sekaligus mengajak para ibu-ibu agar lebih kreatif dalam berkreasi membuat makanan bergizi untuk anak-anak mereka." Kami memilih membuat sempol tahu karena bahan bakunya cukup mudah dijumpai dan memiliki kandungan gizi yang juga cukup lengkap, dan menambah alternatif dengan variasi menu baru yang lebih menarik dan harganya juga terjangkau", katanya.

Sempol tahu sendiri adalah makanan olahan berbahan dasar tepung tapioka, tepung terigu, tahu putih, wortel, telur, dan daun bawang. Olahan ini dipilih karena kaya akan protein dan vitamin yang sangat dibutuhkan bagi tumbuh kembang anak. Selain itu, cara pembuatannya pun cukup sederhana sehingga mudah ditiru oleh ibu-ibu disela kesibukan mengurusi rumah tangga.

Dalam kegiatan ini, Hanifah dan rekan-rekan KKN tidak hanya memberikan demosntrasi pembuatan sempol tahu, tetapi juga memberikan penyuluhan terkait pentingnya makanan bergizi kepada anak sejak dini. Selain itu, narasumber juga membagikan tips-tips memilih bahan makanan yang berkualitas dan cara mengolahnya menjadi makanan yang menarik bagi si kecil.

Kader Posyandu Desa Bonosari/dokpri

Antusiasme peserta kegiatan ini sangat terlihat. Mereka mengikuti dan menyimak dengan seksama setiap tahapan pembuatan sempol tahu. Selain itu peserta kegiatan juga aktif bertanya dan ikut serta dalam pembuatan sempol tahu. "Kegiatan seperti sangat bermanfaat bagi kami. Selain mendapatkan ilmu baru, kami juga bisa mempraktikkannya di rumah setelah pulang nanti", tutur salah seorang peserta kegiatan.

Kegiatan ini mendapat dukungan positif dari pihak desa Bonosari dalam upaya pennurunan serta pencegahan stunting khususnya di desa Bonosari. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para ibu mampu berkreasi agar nutrisi anak terpenuhi untuk mendukung tumbuh kembang anak di masa depan nanti.

By KKN 54 Kelompok 11 Desa Bonosari




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline