Lihat ke Halaman Asli

Hanifah BelenFauziyyah

Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis STIAMAK BARUNAWATI Surabaya

Minat Berbisnis Kecil Secara Mandiri

Diperbarui: 20 Desember 2020   15:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa sih motivasi saya kok bisa mendirikan small business ini ? , jadi cerita awal dari saya menjalankan bisnis ini sejak kecil karena apa dilingkungan keluarga saya sangat erat sekali dikenalkan dengan yang namanya bisnis . Dimana saya pada waktu kecil umur 5 tahun saya sudah dikenalkan oleh seorang nenek dan kakek saya untuk bagaimana cara membuat sebuah kue ,lalu membantu transaksi ditoko kakek.

Dengan berjalannya waktu pada saat saya kelas 1SD saya memiliki rasa ingin bagaimana caranya sih aku bisa pegang uang sendiri ? , pada saat itu saya berbicara dengan orang tua saya dan orang tua saya setuju dengan dengan keiinginan saya yang begitu.

Lalu di waktu itu saya diberi modal sekitar 100 ribu untuk mengelolah itu dan pada waktu itu saya mengawalinya dengan berdagang pernak -- pernik yang sangat lucu yang sering diminati oleh anak -- anak pada umumnya saat itu .

Lalu pada saat saya SMP-SMA awal dipercaya oleh kakek saya untuk mengelolah toko kakek saya sendiri dan disana saya belajar bagaimana saya harus mengembangkan toko itu dan bagimana juga mengelolah keungan toko tersebut , dari situ akhirnya saya mengerti bagimana menjalankan suatu bisnis yang dibilang agak sedikit besar karena pada toko kakek saya ini pangsa pasarnya ialah seorang produsen -- produsen pembuat kue .

Pada akhirnya  saya lulus SMA berfikir ingin membuat Small Business sendiri dimana saya yang mengelolah semuanya , dan akhirnya saya mendirikan suatu bisnis dibidang makanan yang diminiati masyarakat mulai balita hingga lansia.

Pada saat saya mendirikan suatu bisnis ini saya benar -- benar bermodal dari diri saya sendiri cumin disisi lain juga ada doa dan dukungan dari orang tua saya . Hingga akhirnya berjalan lambat launnya waktu akhirnya saya menjalankan dengan sesuai harapan saya hingga saat ini saya memiliki beberapa patner dan akan menjalankan kolaborasi dengan pihak lain untuk memperkenalkan Small Business saya lebih jauh.

Jika dibaca dari pengalaman diatas mengapa sih saya kok suka dengan bisnis? , dari kecil saya sudah bercita -- cita ingin menjadi pengusaha dan membuka lapangan kerja bagi orang lain . Karena diluar sana sangat banyak sekali orang -- orang yang membutuhkan pekerjaan. Dan juga saya termotivasi oleh lingkungan keluarga saya yang mayoritas mendirikan bisnis sendiri.

Apa aja sih motivasi dalam diri saya ?

" SELAGI MASIH MUDA JANGAN HABISKAN WAKTUMU UNTUK BERMALAS -MALASAN  "

"SELAMA KITA KREATIF NGAPAIN TIDAK BISA BERINOVATIF"

"REJEKI ITU SUDAH ADA YANG NGATUR , ALLAH ITU TAU DIMANA SAAT KITA BUTUH PASTI DISITU ALLAH AKAN BERIKAN SEMUA YANG KITA MAU"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline