Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan Sistem Saraf pada Anak Usia Dini

Diperbarui: 20 Mei 2022   19:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Otak manusia mulai berkembang sejak berada di dalam kandungan. Tepatnya yaitu sejak minggu ketiga hingga keempat setelah pembuahan terjadi.
 Pada saat ini, alur saraf yang terbentuk sejak embrio mulai menutup menjadi sebuah tabung yang kemudian disebut dengan tabung saraf.
 Bagian depan tabung saraf berkembang menjadi otak, sedangkan sisanya berkembang menjadi sumsum tulang belakang. Sementara selsel puncak saraf menjadi sistem saraf tepi.  Di ujung anterior tabung saraf
, tiga wilayah otak utama terbentuk: otak belakang, otak tengah, dan otak depan.
 Pada minggu ke 7, ketiga area ini dibagi lagi menjadi bagian lain dari struktur otak. Setelah itu, otak manusia  terus berkembang seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.
 Pada bulan ketiga kehamilan, ukuran otak tumbuh, otak depan tumbuh sangat cepat, dan bagian otak lainnya menyusut.
 Selain itu, pada usia 6 bulan, korteks serebral mulai menutupi sebagian besar struktur otak dan mulai membelah menjadi daun.
 Menjelang akhir bulan ke-9 kehamilan, otak janin umumnya terbentuk seperti otak manusia.
 Bersamaan dengan pembentukan struktur anatomi otak, sel-sel saraf baru (neuron)  juga mulai terbentuk di otak.
 Setiap neuron  terhubung dengan neuron lain untuk membentuk sistem saraf dengan bantuan serat yang disebut dendrit dan akson.

SISTEM OTAK PADA ANAK USIA DINI 

Stimulasi perkembangan otak pada anak usia dini merupakan stimulasi yang diberikan oleh bayi baru lahir, meskipun janin sudah berusia 6 bulan  dalam kandungan.
 tahap perkembangan otak anak
 Kegiatan perkembangan anak usia dini seperti stimulasi dilakukan setiap hari untuk merangsang semua sistem  pendengaran, penglihatan, sentuhan, penciuman, dan rasa.
 Melatih kekuatan otak si kecil
 Dengan merangsang keterampilan motorik kasar  kaki, tangan dan jari, Anda dapat melatih stimulasi, meningkatkan komunikasi, membuat anak Anda bahagia, menghindari stres membesarkan dan membuat anak Anda bahagia. Hal ini tentunya cocok untuk tahap perkembangan otak anak. Rangsangan
 terus menerus dilakukan dan diubah dengan suasana bermain dan kasih sayang sejak lahir, dengan berbagai  kecerdasan anak seperti kecerdasan matematis, kecerdasan emosional, komunikasi verbal, kecerdasan musik, gerakan, seni, dll. Merangsang berbagai aspek. Stimulasi otak
 anak berdasarkan usia anak
 Stimulus bayi bisa diberikan kapan saja, di mana saja, tetapi ibu harus memperhatikan usia anak. Memberikan rangsangan sesuai usia. Tahapan perkembangan otak anak dapat diseimbangkan dengan rangsangan. Cara pemberian stimulasi dini pada setiap usia perkembangan bayi:
0 3 bulan
 Selama perkembangan otak bayi usia 03 bulan, anak dapat memeluk, memeluk, menatap mata, mendorong senyuman, berbicara, mengganti suara  dan musik, serta menggantungkan benda-benda terang untuk bergerak. .. Gulung bayi dari kanan ke kiri, berbaring telentang, dan rangsang mainan untuk menjangkau dan memeluk.
36 bulan
 Stimulasi untuk bayi usia 36 bulan membutuhkan tempat persembunyian, melihat wajah bayi dan ibu di cermin, menunduk, gemetar, dan duduk.
69 bulan
 Cara menginspirasi bayi berusia 69 bulan adalah dengan memanggil nama, meminta jabat tangan, bertepuk tangan, membacakan dongeng,  duduk, atau berlatih sambil berdiri.
9 12 bulan
 Perkembangan anak usia dini dapat dirangsang dengan mengulang-ulang nama ibu, ayah dan saudara kandung, memasukkan mainan ke dalam wadah, minum dari gelas, menggulung bola, berlatih berdiri dan meraih.
 Tahukah Anda? "Stimulus bermain yang  sesuai dengan usia anak  membantu merangsang perkembangan keterampilan motorik anak secara keseluruhan, halus, sensorik, dan seimbang. Pelajari lebih lanjut."
1218 bulan
 Berlatih coretan dengan pensil warna, tempatkan kubus, balok, teka-teki bergambar sederhana, masukkan dan keluarkan benda-benda kecil dalam wadah, bermain dengan boneka, sendok, piring, gelas, teko, sapu, lap To do. Berlatih berjalan tanpa berpegangan tangan, berjalan di belakang, menaiki tangga, menendang bola, melepas celana, memahami dan menjalankan perintah sederhana, menyebutkan nama, menunjuk sesuatu, dan banyak lagi.
1824 bulan
 Perkembangan anak usia dini mengacu pada bagian-bagian tubuh, meminta gambar, menyebutkan nama binatang dan benda-benda di  rumah, berbicara tentang kegiatan sehari-hari, berlatih menggambar garis, dll. Dapat distimulasi dengan mencuci tangan, memakai celana dan pakaian, melempar bola , dan melompat. ..
23
 Perkembangan otak anak akan maksimal bila didukung oleh rangsangan yang tepat. Stimulus anak usia 23 tahun adalah  mengenal  warna, menamainya, menggunakan kata sifat, menyebutkan nama teman, menghitung benda, berpakaian, gosok gigi, bermain kartu, bermain boneka, memasak piring, menggambar garis, menggambar lingkaran, menggambar orang, berdiri dengan satu kaki dan berlatih. Gerakan usus. Besar dan kecil  di toilet.
3 tahun ke atas
 Saran untuk persiapan sekolah juga diberikan, seperti mengembangkan keterampilan dari era sebelumnya,  memegang pensil dengan kuat, menulis, mengenal huruf dan angka, berhitung sederhana, memahami perintah, dan banyak lagi.

STIMULASI SARAF OTAK PADA ANAK USIA DINI

Lakukan teka-teki dan asah otak
 Teka-teki jigsaw tidak hanya membuat otak orang dewasa tetap tajam, tetapi juga merupakan cara yang ideal untuk merangsang imajinasi anak. Ketika ibu memberikan teka-teki silang dan teka-teki silang kepada anak-anak mereka untuk dikerjakan, mereka terinspirasi untuk berpikir dan memahami cara mengisi kotak teka-teki silang dengan benar. Dia mencoba berbagai kemungkinan jawaban dan mendorong anak untuk berpikir kreatif. Tetapi bagian terpenting dari kegiatan semacam ini adalah agar anak-anak dapat belajar dan menikmati dengan cara yang tampaknya mudah.
 Nutrisi yang baik untuk otak anak Anda
 Selalu berikan anak Anda makanan yang lengkap dan seimbang.
 Tidak masalah apakah anak Anda suka atau tidak suka. Pastikan anak Anda mengonsumsi makanan yang baik untuk otak, seperti DHA (docosahexaenoic acid), sejenis asam lemak omega 3 yang melimpah di sel otak. Seperti AA (asam arakidonat), itu berlimpah dalam ikan.
 AA adalah sejenis asam lemak omega-6 yang biasa ditemukan pada membran sel,  senyawa  penting dalam komunikasi sel-sel, serta  senyawa prekursor untuk senyawa penting lainnya di dalam tubuh. Fungsi AA meliputi dukungan untuk pembentukan otak, sistem saraf, jaringan visual, dan dukungan untuk pembentukan sistem kekebalan tubuh.
 Ini juga melengkapi diet anak dengan kolin, yang membantu meningkatkan sinyal saraf di otak, dan zat besi, pembawa oksigen yang dibawa ke otak oleh sel darah merah. Pastikan  makanan anak Anda bergizi sejak hari pertama kehidupannya, dan ini akan menjadi fondasi yang baik untuk hidupnya.
 Olahraga dan hobi
 Ada banyak penelitian tentang hubungan antara aktivitas fisik pada anak-anak dan fungsi kognitif yang sehat. Apakah anak Anda bermain sepak bola, berenang, atau mengambil pelajaran piano, berpartisipasi dalam  kegiatan ekstrakurikuler setelah sekolah  akan meningkatkan daya ingat, konsentrasi, perilaku, dan kinerja akademik. Mengajar
  anak dalam bahasa lokal atau  asing
 Studi menunjukkan bahwa anak-anak bilingual lebih pintar daripada anak-anak yang hanya bisa berbicara  satu bahasa. Itu karena berbicara dua bahasa membutuhkan kerja pada bagian otak yang berbeda. Jadi jika Anda selalu berbicara satu bahasa dengan anak Anda, inilah saatnya untuk memperkenalkan bahasa lain. Ibu bisa mengajarinya bahasa asing atau lokal. Jika Anda tidak tahu bahasa yang ingin Anda ajarkan kepada anak Anda, itu berarti Anda juga perlu mempelajarinya. Ini karena memaksimalkan efek bilingual ketika digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dan keterampilan bahasa baru ini dapat meningkatkan keterampilan komunikasi anak-anak dan membantu mereka melihat dunia dari perspektif baru.
 Kapan waktu terbaik untuk mengajari anak Anda bahasa kedua? Jangan bingung dengan bahasa ibu mereka, kekuatan otak mereka lebih baik pada saat ini, jadi Anda harus mulai memperkenalkan bahasa kedua saat anak Anda berusia di atas 2 tahun. Cocokkan bahasa pertamanya sebelum anak Anda berusia 2 tahun,  ya, Bu.
 Ajak anak bersosialisasi
 Kemampuan bergaul adalah keterampilan, dan tidak semua anak memilikinya. Jadi jika anak Anda kurang pandai bersosialisasi, Anda bisa  mengajak anak Anda bersosialisasi dengan teman sebayanya di setiap kesempatan. Misalnya, ajak anak Anda ke pesta ulang tahun  teman  atau jadwalkan bermain nanti.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline