Lihat ke Halaman Asli

Haniamasyanda

Mahasiswa

Sistem Saraf Manusia Tahun Pertama

Diperbarui: 23 Mei 2022   06:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Perkembangan dan pertumbuhan otak bayi dalam tiga bulan pertama 

 Pada kehamilan tujuh minggu, perkembangan otak dan wajah bayi mulai berkembang. Tahapan perkembangan otak anak dan pematangan otak dibagi menjadi 3 bagian utama yang nantinya akan menjalankan fungsinya ketika anak lahir, yaitu 

 Batang otak dan otak  

 Sistem ini menghubungkan Sistem saraf dengan tulang belakang dan mengatur sistem pernapasan, detak jantung, tekanan darah, keseimbangan tubuh dan refleks. 

 Sistem Limbic 

 Sistem limbik mengatur emosi, rasa haus, memori, dan pembelajaran. 

 Korteks serebral 

 Korteks serebral mengatur penglihatan, pendengaran, bahasa, interaksi sosial, memori, pemecahan masalah, dan sensasi tubuh (termasuk rasa sakit, tekanan, panas, dan dingin).

Stimulasi prenatal adalah suatu metode memfasilitasi proses belajar janin dalam rangka mengoptimalkan perkembangan fisik, sensorik, dan mental 

 janin melalui rangsangan eksternal. Proses belajar janin paling baik bila dilakukan secara teratur dan berulangulang. Penelitian telah menunjukkan bahwa janin yang dirangsang dalam kandungan menunjukkan perkembangan penglihatan, pendengaran, bicara (bahasa), keterampilan motorik, pembelajaran, kecerdasan, dan kreativitas yang lebih baik. Stimulasi prenatal dapat dimulai pada akhir kehamilan. 

 Ada berbagai cara untuk merangsang janin. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa berbagai rangsangan seperti membelai janin sejak dalam kandungan, memainkan musik lembut, berbicara dengan janin dan memberikan getaran lembut  pada janin semuanya sangat menyenangkan bagi janin. Ibu hamil bisa tampil dengan janin atau suami di dalam kandungan. Peran pria sangat penting dalam merangsang perkembangan janin.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline