Lihat ke Halaman Asli

Hani Subakti

Universitas Pembangunan Jaya

Kebahagiaan Itu Dicari atau Diciptakan? Inilah 5 Tips Temukan Kebahagianmu

Diperbarui: 11 November 2022   23:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahagia (Sumber: Pixabay)

Kebahagiaan setiap orang tentunya berbeda-beda. Mungkin ada yang bahagia hanya dengan bersama keluarga, bahagia karena popularitas, hingga hal-hal lainnya. Jadi bisa saja definisi kebahagiaan bagi setiap orang itu berbeda.

Menurut Sonja Lyubomirsky dalam bukunya yang berjudul "The How of Happiness" definisi kebahagiaan adalah pengalaman merasakan kesenangan yang membuat kita merasa bahwa hidup ini terasa baik, meaningfull, dan berharga.

Soal materi, jabatan, hingga kekayaan bisa saja memberi nilai tambah pada kebahagiaan kita. Namun, kebahagiaan itu pada dasarnya tentang emosi positifnya bukan tentang materi atau status sosialnya.       

Nah, kira-kira kebahagiaan itu dicari atau diciptakan sih? Berikut 5 tips agar kita menemukan kebahagiaan:

1. Do What We Love

Banyak dari kita bilang bahwa bahagia itu sederhana. Ya, sesederhana melakukan hal yang suka kita sukai. Hal-hal seperti hobi, kesukaan, atau minat sudah cukup untuk meningkatkan kebahagiaan kita. Bahkan kalo kita menekuni itu bisa saja menjadi sumber penghasilan kita.

Melakukan hal yang kita sukai juga mampu menghindarkan kita dari tingkat stress yang berlebih, kejenuhan, dan menghindarkan dari emosi yang tidak beraturan.

2. Simple lifestyle 

Hidup sederhana memudahkan kita untuk bahagia. Hidup secukupnya ini bukan berarti kita tuh pelit atau hemat banget. Tapi kita harus membeli sesuatu sesuai dengan yang kita butuhkan.

Kebahagiaan itu biasanya ada ketika kita bisa memaksimalkan fungsi dari apa yang kita miliki.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline