Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Farhan

@satusks @sadhanakata

Mengapa Sambel Jadi Pilihan Orang Indonesia Sebagai Teman Makan?

Diperbarui: 7 Mei 2024   20:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Freepik

 
Sambel sebagai salah satu dari segudang kekayaan kuliner Indonesia, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidangan sehari-hari bagi banyak orang di negeri ini. Kehadirannya tidak hanya sekadar sebagai pelengkap rasa, tetapi juga sebagai simbol dari keanekaragaman cita rasa dan kebudayaan yang kaya. Di meja makan keluarga Indonesia, sambel bukan hanya sekadar perasa atau penambah selera, melainkan juga sebuah warisan budaya yang dijunjung tinggi.


Di setiap daerah, bahkan di setiap rumah tangga, variasi sambel yang digunakan bisa berbeda-beda, sesuai dengan preferensi rasa dan kebiasaan kuliner lokal. Beberapa daerah, contohnya Pulau Sumatera, lebih condong kepada sambel yang pedas dengan campuran cabai rawit, Manado terkenal dengan sambel yang dipadukan dengan ikan cakalang, sementara Pulau Jawa lebih menyukai sambel yang lebih manis. 

Seberapa banyak masyarakat Indonesia menggunakan Sambel sebagai penambah cita rasa makanan? Mengapa masyarakat kita suka makan dengan sambel? Pertanyaan ini membuka pandangan baru, untuk memahami kedekatan orang Indonesia dalam konteks kehidupan sehari-hari mereka makan dengan tambahan sambel.

Sekiranya, mengapa ya, masyarakat Indonesia sukar terpisahkan dari sambel. Berikut, beberapa alasannya:


1. Tradisi dan Warisan Budaya

Sambel telah menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan kuliner dan budaya Indonesia selama berabad-abad. Dari generasi ke generasi, penggunaan Sambel, melekat dalam kebiasaan makan sehari-hari.


2. Kebutuhan untuk Rasa Tambahan

Sambel memberikan dimensi tambahan dalam rasa dan tekstur pada hidangan. Baik itu menambahkan kepedasan, keasaman, atau aroma yang khas, Sambel sering kali dianggap sebagai penambah cita rasa yang tidak dapat diabaikan.


3. Keanekaragaman Rasa

Indonesia dikenal karena keanekaragaman rasa dalam masakannya. Sambel menjadi salah satu cara untuk menambah variasi rasa dalam hidangan. Dari sambel yang pedas hingga yang manis, dari yang asam hingga yang gurih, ada sambel yang dipadukan dengan protein hewani ataupun nabati untuk setiap selera dan preferensi.

Sambel telah meresap ke dalam kebiasaan makan sehari-hari orang Indonesia. Dari ke meja makan rumah tangga hingga kedai-kedai pinggir jalan yang menjajakan berbagai macam sambel, sampai yang paling modern dan viral sekarang menjual sambel kemasan yang bisa kita pesan melalui e-commerce.

Salah satu sambel kemasan yang enak dan viral, yaitu Eatsambel "Sambel enak buat kamu ada di sini"

Eatsambel, menghadirkan kelezatan sejati dari Indonesia langsung ke meja makan Anda. Dari rempah-rempah pilihan hingga bahan-bahan segar terbaik, setiap ulekan sambel kami menghadirkan rasa autentik yang tak terlupakan. Namun, ada satu produk yang menjadi favorit sejati para penikmat rasa pedas: Sambel Cakalang.

Sambel Cakalang adalah kombinasi sempurna antara cita rasa pedas yang memikat dan kelezatan ikan cakalang yang khas.
Dibuat dengan hati-hati menggunakan resep turun-temurun, sambel ini memberikan sentuhan eksotis pada setiap hidangan. Apakah Anda menyantap nasi hangat, mie goreng, atau seafood segar, Sambel Cakalang akan menjadi pasangan sempurna yang menggoyang lidah Anda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline