Lihat ke Halaman Asli

Handy Fernandy

TERVERIFIKASI

Pelaku Industri Kreatif

Perjuangan Iwan Bule di Balik Bergulirnya Kembali Liga Indonesia

Diperbarui: 4 Desember 2022   14:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Iwan Bule (Inilah.com)

Kabar gembira bagi pecinta sepakbola khususnya sepakbola dalam negeri. PSSI melalui website resminya per tanggal 3 Desember 2022 menyatakan bahwa kompetisi BRI Liga 1 akhirnya kembali bergulir pada 5 Desember 2022.

Kepastian tersebut setelah PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mendapatkan izin menggelar liga setelah Mabes Polri mengeluarkan izin keramaian tentang Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Rencananya, kelanjutan BRI Liga 1 nantinya akan menggunakan sistem bubble di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah dan akan bermain di empat stadion berbeda, yakni di Stadion Manahan (Surakarta), Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion M Soebroto (Magelang), dan Stadion Sultan Agung (Bantul).

Namun sistem bubble hanya akan sampai 6 pertandingan saja atau hingga akhir Desember 2022 atau menghabiskan semua pertandingan di putaran pertama BRI Liga 1. Setelah itu putaran kedua dan seterusnya direncanakan menggunakan sistem home and away dengan penonton yang dibatasi.

Sebelumnya, BRI Liga 1 nyaris tidak bisa bergulir setelah sebelumnya PT LIB merencanakan akan digelar pada 2 Desember 2022 lalu, namun izin dari Mabes Polri urung keluar. Mabes Polri berdalih adalah pihaknya masih menguji kelayakan stadion untuk menggelar Liga 1 dengan menggunakan standar keamanan yang menjamin kenyamanan dan keamanan saat pertandingan Liga 1.

"Kami dari kepolisian telah mengundang rapat untuk konsolidasi persiapan pengamanan lanjutan Liga 1 bersama dengan PT LIB, PSSI, PUPR, Kemenkes untuk betul-betul satu visi sesuai perpol no.10 tahun 2022 tentang pengamanan kompetisi olahraga yang salah satunya kompetisi sepakbola," kata Karobinops Sops Polri Brigjen Pol Roma Hutajulu seperti dilansir dari Tribbunews, Rabu 30 November 2022.

Sebelumnya, BRI Liga 1 rencana awalnya akan digulirkan pada 24 November 2022, namun tertunda sampai tanggal 5 Desember karena masih buntunya komunikasi yang terjalin antara Kemenpora, Kemen PUPR, PSSI dan Mabes Polri. Padahal, PT LIB sendiri sudah bersurat untuk mengagendakan kompetisi per 24 Oktober 2022.

Keberhasilan bergulirnya kembali BRI Liga 1 sendiri sedikit banyak adalah perjuangan dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Pria yang kerap disapa Iwan Bule dianggap berhasil menghubungkan komunikasi antara  Kemenpora, Kemen PUPR, PSSI dan Mabes Polri.

Sejak awal Iwan Bule sendiri ingin agar kompetisi sepakbola untuk bisa kembali digelar. Karena menurut mantan Kapolda Metro Jaya itu banyak orang yang hidupnya bergantung pada sepakbola. Bahkan dirinya mengupayakan agar Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI untuk memilih ketua PSSI dipercepat dari yang semula November 2023 menjadi Februari 2023 sesuai dengan arahan FIFA.

"Saya juga tidak ingin mengorbankan 120 ribu teman-teman saya yang hidupnya menggantungkan diri dari sepak bola baik itu ofisial, wasit, pemain, kitman, pelatih, pelaku UMKM dan sebagaimana mereka hidup dari sepak bola," kata Iwan Bule.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline