Lihat ke Halaman Asli

Handy Fernandy

TERVERIFIKASI

Pelaku Industri Kreatif

Maxi Gunawan: Ayo Sukseskan Program-program Prioritas Pemerintah Melalui Peningkatan 9 Kinerja Kadin Daerah

Diperbarui: 21 September 2015   11:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Maxi Gunawan (Dok Pri)

Kamar Dagang Industri (Kadin) pada Minggu (20/9) mengadakan Forum Calon kandidat Ketua Umum kadin Indonesia periode 2015-2020 di medan. Acara yang bertepatan di Ballroom Grand Aston City Hall Medan tersebut, dihadiri juga oleh salah satu calon ketua Kadin, Maxi Gunawan.

Maxi Gunawan dalam pidatonya menyebutkan, pembangunan ekonomi selalu menjadi indikator keberhasilan negara dalam memajukan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu, sambungnya, maka pembangunan ekonomi harus dilaksanakan secara terintegrasi, lintas sektoral dan lintas kewilayahan yang dikemas melalui program-program prioritas sebagai bagian dari pembangunan nasional yang meliputi: Pembangunan infrastruktur, ketahanan energi, ketahahan pangan, kemaritiman, industri manufaktur, umkm, pariwisata, perpajakan, ketenegakerjaan dan pendidikan.

Maxi berpendapat bahwa program-program prioritas pembangunan ini tidak bisa dilaksanakan sendiri oleh pemerintah, namun harus melibatkan semua komponen masyarakat sebagai mitra kerja pemerintah, termasuk didalamnya kadin indonesia.

Salah satu anggota Kadin berpidato (Dok Pri)

“Pemerintah dan kadin ibarat dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Disatu sisi pemerintah berperan sebagai regulator dan penentu kebijakan untuk menjamin terciptanya iklim usaha yang sehat dan kompetitif.” Ujarnya.

Saat ini, persoalan ekonomi yang sedang dihadapi saat ini akan semakin pelik lagi kedepan terkait dengan adanya pemberlakuan masyarakat ekonomi Asean (MEA) pada akhir tahun 2015. Menurut Maxi, Kehadiran MEA merupakan kebutuhan negara-negara asean untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang perdagangan dan juga untuk memperkuat ketahanan ekonomi di kawasan asia tenggara.

“Indonesia tidak perlu takut dan khawatir dengan kondisi ini, justru kehadiran mea dapat menjadi titik temu kepentingan-kepentingan ekonomi negara-negara asean yang selama ini tidak terakomodasi dengan baik. “ imbuhnya.

Untuk itulah, Maxi mengajak para peserta Forum Calon Kandidat Ketum Kadin untuk lebih berusaha dan bekerja lebih keras. Selain itu, Maxi juga berpesan harus memanfaatkan peluang seoptimal mungkin untuk memenangkan kompetisi ini demi kepentingan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi masyarakat indonesia.

“Sebagai negara terbesar di asean, dengan kekuatan dan potensi demografi serta geografi yang didalamnya terdapat kekayaan alam yang luar biasa besarnya, kita tidak perlu takut atau khawatir menghadapi pasar bebas asean. “ katanya.

Maxi Gunawan dan Anggota Kadin berfoto bersama (dok pri)
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline