Lihat ke Halaman Asli

Handy Fernandy

TERVERIFIKASI

Pelaku Industri Kreatif

Kadin Dukung Industri Kreatif Lewat Trading Center

Diperbarui: 10 Agustus 2015   14:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Untuk memperkuat industri ekonomi kreatif, Kadin berencana akan membuat semacam lembaga trading center. Hal ini untuk membangun daerah-daerah yang selama ini dikenal kaya dengan industri kreatif, seperti Daerah Istimewa Yogyakarta. Melalui Trading Center diharapkan industri kreatif tersebut dapat berkembang dan mampu memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional yang kini sedang lesu.

Hal tersebut disampaikan oleh Maxi Gunawan, Ketua Komite Tetap Hubungan Kerja Sama Lembaga Internasional Kadin Indonesia, kepada pers saat menghadiri acara pelantikan dan pengukuhan kepengurusan Kadin DIY di Yogyakarta, Jumat (7/8).

Maxi Gunawan mengatakan daerah yang kaya akan industri kreatif harus mampu tampil sebagai motor penggerak perekonomian nasional. “Sehingga Kelak jika ada trading center, Kadin bisa menjadi jembatan bagi pengusaha di daerah untuk eksis tidak saja di tingkat nasional, tapi juga global” ujarnya.

Maxi yang mencalonkan diri saat Munas Kadin pada bulan Oktober lalu optimis, melalui industri kreatif daerah seperti Yogyakarta akan meningkatkan jumlah pengunjung wisata. Menurutnya, hal tersebut akan memberikan warna baru bagi perekonomian daerah maupun nasional.

"Kadin Indonesia di bawah kepengurusan yang baru nanti harus bisa menjadi ujung tombak untuk meningkatkan ekonomi negara. Kita dukung daerah-daerah yang inovatif dan kreatif mengembangkan usaha," Pungkas Maxi.

Dalam acara pelantikan tersebut, Gusti Kanjeng Ratu Pembayun terpilih menjadi Ketua Kadin DIY yang baru. Gusti Kanjeng Ratu Pembayun tak lain merupakan anak sulung dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pada acara pelantikan tersebut, Gusti Kanjeng Ratu Pembayun berjanji akan membangun ekonomi Indonesia dari Yogyakarta. "Kami akan membangun Indonesia dari Yogyakarta, tidak cuma itu kami juga ingin Yogyakarta berkontribusi untuk dunia," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengharapkan dengan kepengurusan Kadin yang baru dapat menjadi tonggak kebangkitan dan harus mampu berinovasi. Salah satunya, menurut dia, mengembangkan industri kreatif lewat Yogya Incorporate.

"Mari kita ubah gagasan menjadi kenyataan dengan kerja keras dan cerdas, sehingga terjadi lompatan produktivitas," tegasnya.

Sumber foto: Dok Pri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline