Lihat ke Halaman Asli

Handrian Daffa

Pmm Kelompok 14 Gelombang 3 2022

Peran Mahasiswa UMM dalam Bidang Teknologi untuk Panti Asuhan Ar-Rohman Malang

Diperbarui: 11 Mei 2022   11:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan kegiatan pengganti KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang berada di bawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Progam ini terdiri dari berbagai macam skema yang salah satunya adalah PMM Bhaktimu Negeri seperti yang dilakukan oleh 5 orang mahasiswa UMM semester 6 pada PMM Kelompok 14 Gelombang 3 yang beranggotakan Handrian Daffa, Andi M Alim Hiqam, Fayyad Zulfah Amru, Sonia Putri Ms, dan Sheila Wardatu Ps yang diawasi dan dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Cholidah, S.H, M.H. Kegiatan PMM ini dilaksanakan selama kurang lebih 30 hari dengan berbagai kegiatan menarik dan bermanfaat khususnya bagi anak anak Panti Asuhan Ar-Rohman.

Salah satu kegiatan menarik bagi anak-anak santri Pondok Anak Yatim Salman yaitu edukasi mengenai Pengetahuan digital di bidang desain dan presentasi melalui aplikasi paint dan power point yang dibimbing langsung oleh mahasiswa PMM kelompok 14 gelombang 3 Universitas Muhammadiyah Malang pada hari Rabu (23/03/2021), sosialisasi digital ini dilaksanakan secara tatap muka di Panti Asuhan Ar-Rohman.

Ketua koordinator sosialisasi Handrian Daffa menerangkan "Edukasi ini ditujukan kepada anak-anak Panti Asuhan Ar-Rohman guna untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak Panti Asuhan Ar-Rohman tentang dunia digital khususnya di bidang desain dan presentasi. Pengetahuan digital ini juga perlu diterapkan di era modern sekarang ini."

Di era modern saat ini pengetahuan digital sangat penting bagi masyarakat. Pengetahuan digital merupakan sebuah rekayasa sosial yang bertujuan menjadikan sebanyak mungkin masyarakat sebagai agen perubahan agar mampu meningkatkan kualitas perilaku sehari -- hari dengan tujuan untuk mampu mengikuti perkembangan di era modern saat ini. Jadi sangat baik jika pengetahuan digital diperkenalkan kepada anak-anak sejak dini sebagai bekal untuk ke depannya.

Pengetahuan digital di bidang desain dan presentasi untuk menambah pengetahuan anak -anak di Panti Asuhan Ar-Rohman berupa pengetahuan terkait cara desain gambar di paint, cara membuat poster di paint, cara membuat desain presentasi yang baik dengan aplikasi power point. Pemberian pengetahuan ini dilakukan dengan penyuluhan dan dilakukan dengan menggunakan media berupa screen proyektor.

Puluhan anak-anak Panti Asuhan Ar-Rohman sebagai peserta penyuluhan terlihat sangat antusias dalam menerima materi pengetahuan digital ini yang telah diberikan oleh pemateri dari anggota PMM UMM kelompok 14 gelombang 3. Setelah penyampaian materi dan juga diskusi mengenai pengetahuan digital, anak-anak Panti Asuhan Ar-Rohman diajak untuk membuat karya dari pengetahuan digital tersebut yaitu untuk anak usia 4-6 tahun membuat karya tentang cita-cita mereka yang di gambarkan melalui aplikasi paint sementara untuk anak usia 7-12 tahun membuat presentasi melalui aplikasi power point dengan tema bullying. Karya yang dibuat anak-anak Panti Asuhan Ar-Rohman digunakan sebagai bentuk pengaplikasian  anak-anak akan pengetahuan yang di berikan oleh anggota PMM UMM kelompok 14 gelombang 3. Selain sebagai penerapan ilmu kegiatan ini juga berfungsi untuk melatih public speaking mereka karena anak-anak juga melakukan presentasi terkait karya yang telah dihasilkan sebelumnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline