Lihat ke Halaman Asli

Handra Deddy Hasan

TERVERIFIKASI

Fiat justitia ruat caelum

Apakah Sambo akan Membuat Hatrick Pemberitaan

Diperbarui: 10 Agustus 2023   12:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar Photo dan ilustrasi suara.com

Apakah Sambo Akan Membuat Hatrick Pemberitaan

Oleh Handra Deddy Hasan

Pemberitaan bisa menjadi viral dan heboh karena memiliki elemen yang menarik perhatian masyarakat, kontroversial, atau emosional.

Faktor lain yang mendorong semakin viral adalah karena adanya faktor tambahan seperti termasuk saling sharing masyarakat melalui media sosial, dukungan atau penolakan dari selebriti atau pejabat, atau faktor kejutan yang tak terduga.

Semua elemen tersebut ada dalam pemberitaan tentang Ferdy Sambo.

Awal pertama hebohnya Ferdy Sambo ketika ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat pada 9 Agustus 2022.

Sebagai catatan Sambo menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Keamanan ( Propam) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sedangkan Nofriansyah  Yosua Hutabarat adalah salah seorang bawahannya yang mempunyai tugas mengawal keluarganya (ajudan).

Saat itu, terungkap pula bahwa Sambo merupakan sosok yang mengarang cerita tembak menembak antara Brigadir J alias Yosua dan Bharada E yang berujung pada tewasnya Yosua.

Pemberitaan semakin viral dan menarik perhatian karena beredar isu disekitar kasus bahwa motif dibalik kejadian ada elemen asmara terlarang. Isu ini kemudian akhirnya menguap, tanpa penjelasan dan tidak pernah terungkap faktanya di Pengadilan.

Akhir dramatis dari kasus yang menyita perhatian publik berbulan-bulan adalah Ferdy Sambo kemudian dihukum dengan vonis hukuman mati.

Vonis mati Sambo, kata Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD pada waktu itu, telah sesuai rasa keadilan publik, padahal putusan tersebut merupakan putusan ultra petita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline