Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran
SMPN 1 Bakam Kabupaten Bangka Prov. Bangka Belitung
Penerapan media pembelajaran inovatif dan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas VIII pada materi Zat Aditif (zat pewarna alami dan buatan ) pada bahan pangan di SMPN 1 Bakam
Penulis Handika Komarianto, S.Pd
SMP Negeri 1 Bakam merupakan salah satu sekolah yang terletak di kecamatan Bakam, dimana daerah sekitaran sekolah 90 % adalah penduduk asli bangka, dan 10% merupakan pendatang yang berasal dari luar pulau Bangka.
Siswa di SMPN 1 Bakam juga memiliki latar belakang ekonomi keluarga yang beragam pula, namun hampir 70% berasal dari keluarga petani, 20 % pedagang dan 10% pekerjaan lainnya.
kesibukan orang tua yang mencari nafkah menjadi salah satu alasan mengapa orang tua peserta didik menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak kepada sekolah. Peserta didik kurang termotivasi untuk belajar salah satu faktor karena kurangnya bimbingan dari orang tua. Ini merupakan masalah yang kami hadapi yang bersumber dari luar disamping itu ada beberapa faktor yang bersumber dari guru.
Latar belakang masalah dari praktek pembelajaran ini adalah: motivasi belajar peserta didik yang masih rendah adapun beberapa analisis penyebab mengapa motivasi belajar peserta didik rendah yaitu:
1. Guru belum mampu menerapkan model dan metode pembelajaran yang inovatif.