Lihat ke Halaman Asli

Rihadatul Aisy Hanayudha

Lakukan yang terbaik disetiap waktu yang kamu miliki

"Spirited Away" Film Anime Terbaik Sepanjang Masa

Diperbarui: 13 Maret 2022   11:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Spirited_Away

Spirited Away merupakan film yang mengisahkan petualangan magis gadis yang berusia 10 tahun bernama Chihiro di dunia gaib. Chihiro memiliki misi menyelamatkan kedua orang tuanya yang berubah menjadi babi karena keserakahan mereka.

Ketika film Spirited Away dirilis pada 20 Juli 2001, Sprited Away berhasil menorehkan sejarah yang belum pernah diraih karya anime mana pun di dunia. Spirited Away berhasil menuai kesuksesan secara komersil dan memegang sebagai film terlaris dalam sejarah perfilman Jepang yaitu dengan capaian box office sebesar US$395,8 juta dari budget sebesar US$19,2 juta.

Rekor ini dipegang Spirited Away selama 19 tahun hingga kemudian rekor ini direbut oleh Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba the Movie: Mugen Train pada tahun 2020. Walaupun rekor komersil sudah direbut, Spirited Away meraih penghargaan tertinggi di dunia perfilman global: Piala Oscar.

Spirited Away berhasil memenangkan Piala Oscar pada tahun 2003 dalam kategori Best Animated Feature. Spirited Away dalam Piala Oscar berhasil mengalahkan Ice Age, Lilo & Stitch, Spirit, dan Treasure Planet. Kemenangan Spirited Away ini menjadikan anime ini sebagai film animasi pertama dan merupakan satu-satunya karya hand-drawn dan film animasi non-Inggris yang dapat memenangkan kategori itu.

Spirited Away juga memenangkan banyak penghargaan lain serta masuk ke dalam beragam daftar rekomendasi. Mulai dari 50 film top untuk anak usia 14 tahun dari British Film Institute, jajaran film terbaik di abad 21 versi BBC dan New York Times, hingga dianggap sebagai film animasi terbaik yang pernah dibuat.

Pada awalnya judul Spirited Away ditetapkan sebagai "Sen no Kamikakushi". Studio Ghibli juga mengungkapkan bahwa taman hiburan yang akan dibuka pada akhir tahun 2022 ini akan menampilkan terowongan yang menjadi trademark "Spirited Away" dan diwujudkan dalam dunia nyata.

Fakta lain dari film Spirited Away, Ghibli mengungkapkan bahwa beberapa lokasi dalam film ini diambil dari ingatan Hayao Miyazaki, Ghibli juga mengungkapkan bahwasejumlah makhluk ajaib yang menghuni pemandian di film itu didasarkan pada roh-roh cerita rakyat serta dewa-dewa dari masa lalu umat manusia.

Pada film Spirited Away, Ghibli juga membahas sososk ikonik dari film ini yaitu Kaonashi atau sosok berwarna hitam tanpa wajah. Ghibli menjelaskan secara rinci mengenai asal usul No Face, yaitu mengatakan bahwa sosok besar yang mengganggu maupun pahlawan utama dari cerita tersebut dimaksudkan untuk mewakili aspek baik dan buruk dari manusia itu sendiri. Berikut merupakan synopsis dari film Spirited Away yang memenangkan banyak penghargaan termasuk Piala Oscar.

Berawal dari kisah petualangan magis 10 tahun bernama Chihiro. Perjalanan dimulai ketika  Chihiro terpaksa mengikuti kedua orang tuanya untuk pindah domisili ke wilayah baru. Di tengah perjalanan mereka tersesat, mobil yang dikemudikan ayah Chihiro memasuki kawasan hutan dan berakhir pada sebuah bangunan yang memiliki terowongan.

Kedua orang tua Chihiro memutuskan untuk menelusuri terowongan tersebut, pada awalnya Chihiro tidak ingin mengikuti kedua orang tuanya untuk menelusuri terowongan itu, tetapi karena dia merasa takut akhirnya dia mengikuri orang tuanya untuk menelusuri terowongan itu. Mereka menemukan taman ria terbengkalai dengan padang rumput yang luas. Ayah Chihiro mencium aroma makanan dan kemudian mereka menelusuri bekas taman itu.

Kemudian mereka menemukan sebuah kedai yang menyediakan makanan hangat. Tanpa permisi, kedua orang tua Chihiro menyantap makanan dengan anggapan mereka akan langsung membayar makanan yang mereka santap ketika pemilik kedai muncul.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline