Lihat ke Halaman Asli

Hana Wahyu Triani

Mahasiswa S1 Sistem Informasi, Universitas Ma'soem

4 Tips untuk Sukses dengan Gaya Hidup Vegetarian

Diperbarui: 9 Juli 2023   10:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Credit: freepik.com

Apakah kamu seorang vegetarian? Menjalani hidup menjadi seorang vegetarian merupakan tantangan tersendiri di zaman kini apalagi dengan maraknya berbagai inovasi makanan dari bahan daging-dagingan yang menggoyahkan iman para vegetarian. 

Meskipun begitu, tidak sedikit juga orang-orang yang menerapkan gaya hidup vegetarian. Lebih dari sekedar trend, bahkan gaya hidup vegetarian ini juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengonsumsi bahan makanan yang bersumber dari alam yang tentunya untuk menunjang kesehatan yang baik. 

Untuk mempertahankan gaya hidup sehat tersebut, pada postingan kali ini akan dibahas mengenai tips-tips yang bisa diikuti agar kamu bisa mempertahankan gaya hidup vegetarian. Check this out!

TIPS SUKSES GAYA HIDUP VEGETARIAN

Credit: freepik.com

Menjalani hidup sehat tentunya memiliki tantangan tersendiri baik terutama agar selalu konsisten termasuk juga dengan para vegetarian. Maka dari itu, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk kamu si vegetarian!

  1. Memahami kebutuhan nutrisi dan menyusun rencana makan yang seimbang

Pemahaman akan kebutuhan nutrisi menjadi hal yang wajib diketahui oleh para vegetarian seperti protein yang didapat dari kacang-kacangan, kedelai dan bijian; sumber zat besi yang didapat dari sayuran berdaun hijau gelap; vitamin C untuk membantu proses penyerapan zat besi yang bisa didapatkan dari jeruk, paprika, maupun brokoli; lalu ada kalsium, vitamin D, vitamin B12, Omega-3, dan serat. Selain itu, perlu diperhatikan juga rencana makan yang seimbang agar bisa mencapai gaya hidup yang diinginkan seorang vegetarian dan dalam hal ini kamu bisa berkonsultasi ke ahli gizi atau dokter langgananmu untuk meminta sarannya terkait rencana makan yang baik untukmu.

  1. Memasukkan berbagai jenis makanan nabati dalam diet sehari-hari

Selain mengonsumsi sayuran, ada beberapa macam makanan nabati yang bisa kamu jadikan list untuk cemilan atau kudapan sehari-harimu diantaranya ada kacang-kacangan (kacang almond, kacang mete, kacang polong, kacang tanah, kacang merah, dan kacang hitam), berbagai jenis biji-bijian (quinoa, beras merah, gandum utuh, dan oatmeal), tahu dan tempe, sayuran hijau, buah-buahan, susu nabati (susu kedelai, susu almond, dan susu kacang-kacangan lainnya), minyak nabati (minyak zaitun, minyak biji rami, dan minyak kelapa).

  1. Menggali resep nabati yang lezat dan kreatif

Menjadi vegetarian bukan berarti sedikit sekali atau sangat terbatasnya makanan yang bisa kamu coba. Tapi kamu juga dapat mencoba beberapa resep atau makanan yang dapat kamu olah dari bahan-bahan nabati sehingga tetap bisa kamu konsumsi terutama untuk kamu yang seorang vegetarian di antara makanan yang bersumber dari bahan nabati yaitu ada nasi goreng sayuran, falafel, caprese salad, burger kacang hitam, di pasta Primavera dan jenis makanan dari bahan nabati lainnya yang bisa kamu coba.

  1. Bergabung dengan komunitas vegetarian atau kelompok dukungan sejenis

Kamu takut tidak bisa konsisten dalam menjalankan gaya hidup vegetarian? Akan lebih menyenangkan rasanya apabila kamu yang seorang vegetarian dapat bergabung dan berkumpulnya dengan orang-orang yang memiliki gaya hidup yang sama denganmu dengan mencari komunitas vegetarian. Dengan adanya komunitas vegetarian, kamu bisa saling memberikan dukungan dan motivasi dengan sesama anggota. 

Selain itu, kamu bisa belajar dari anggota komunitasmu yang sudah berpengalaman menjadi seorang vegetarian dan kamu bisa belajar banyak dari sana. Dengan komunitas ini tentu kamu juga menjalin pertemanan yang lebih luas dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama denganmu dan semakin kamu belajar banyak kamu juga akan semakin semangat dalam menjalani kehidupan sebagai seorang vegetarian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline