Lihat ke Halaman Asli

Hana Tasnim

Mahasiswa IPB University

Pembuatan Peta Potensi Desa Sinar Sari oleh Mahasiswa KKN IPB

Diperbarui: 3 Agustus 2022   17:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Desa Sinar Sari merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Desa ini memiliki banyak potensi ekonomi yang tersebar di berbagai lokasi di desa tersebut walaupun wilayah desa ini terbilang cukup kecil yaitu sekitar 172 hektar atau 1,72 km persegi.

Oleh karena itu, tim KKN mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang ditugaskan di Desa Sinar Sari, berinisiatif untuk membuat peta potensi Desa Sinar Sari. Hal ini agar gambaran potensi di desa tersebut menjadi lebih jelas, juga agar masyarakat desa maupun orang luar desa tersebut bisa mengetahui dan memahami potensi – potensi desa apa saja yang dimiliki oleh Desa Sinar Sari.

Pembuatan Peta Potensi Desa Sinar Sari/dokpri

Proses pembuatan peta potensi desa ini memakan waktu sekitar 2 minggu, yang dimulai pada tanggal 18 Juli 2022. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan data - data terkait potensi yang ada di Desa Sinar Sari kemudian dilakukan survei terkait lokasi -lokasi di Desa Sinar Sari yang memiliki potensi ekonomi. 

Tidak lupa juga untuk melakukan dokumentasi terkait lokasi yang memiliki potensi ekonomi dan menanyakan informasi penting kepada pemilik usaha ekonomi tersebut.

Dari sini diketahui bahwa ada banyak potensi desa yang tersebar di Desa Sinar Sari, yaitu dengan total 22 potensi desa. Diantaranya ada pembudidayaan ikan hias, Dramaga Aquarium, berbagai usaha konveksi seperti konveksi baju dan konveksi tas, ada juga usaha pembuatan singkong geprek, usaha minuman sehat “Creative Center”, dan lain sebagainya.

Langkah selanjutnya yaitu membuat peta potensi di aplikasi pembuatan peta melalui Personal Computer (PC), yaitu Arcgis. Informasi- informasi yang didapatkan melalui survei langsung ke lokasi seperti titik – titik lokasi dan nomor telepon pengusaha yang diketahui, dimasukkan, dan disusun ke dalam aplikasi tersebut. Setelah itu, diadakan rapat dengan perwakilan desa agar hasil peta potensi sesuai dengan ekspetasi pihak desa.

Langkah terakhir yaitu melakukan sentuhan terakhir atau perubahan terhadap mading sesuai dengan permintaan dari pihak desa.

Berikut gambar peta potensi Desa Sinar Sari yang telah selesai dibuat :

Peta Potensi Desa Sinar Sari (2022)/dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline