Lihat ke Halaman Asli

Hana Moniharapon

Mahasiswi Universitas Atma Jaya Yogyakarta Prodi Ilmu Komunikasi

Perkembangan Media Dulu dan Sekarang serta Konsekuensi bagi Jurnalis

Diperbarui: 14 Maret 2022   12:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Radio/Pinterest.com

Media informasi merupakan bagian dari diri manusia yang sudah melekat dari dulu hingga saat ini.

Media juga hadir ditengah lingkup masyarakat sebagai pelengkap informasi untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Dapat dikatakan bahwa manusia akan ketinggalan banyak informasi tanpa adanya bantuan media dan segala teknologi yang sangat berkembang cukup pesat saat ini. 

Selain itu, gunanya media dalam dunia jurnalistik yaitu sebagai penyambung informasi dari para jurnalis atau penyusun berita kepada masyarakat untuk mengetahui kondisi dunia saat ini.

Namun, apabila melihat kondisi media informasi zaman dahulu dan sekarang maka anda akan menemukan banyaknya perbedaan dan kemajuan yang terjadi.

Hal ini dapat terjadi dikarenakan media berkembang sangat pesat mengikuti arus perkembangan zaman dan penyebaran informasi pun sangat cepat. 

Maka dari itu manusia dapat menerima informasi secara terkini, aktual dan terpercaya dimanapun dan kapanpun manusia berada.

Jika, membandingkan media secara singkat dahulu masyarakat menerima informasi yang disajikan dalam media berbentuk koran, majalah, buku, radio, televisi dan dari mulut ke mulut.

Namun, sekarang masyarakat dapat menerima informasi dimanapun dan kapanpun melalui media online dengan bantuan teknologi yang ada dan internet, sebut saja new media.

Lalu bagaimana proses produksi dan konsumsi media pada zaman dahulu dan sekarang jika dibandingkan? untuk menemukan jawaban terkait pertanyaan tersebut, yuk simak artikel ini hingga selesai agar menghilangkan rasa penasaran anda. 

 Media Lama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline