Lihat ke Halaman Asli

Aqila Hana Winanggoro

Mahasiswa S1 Prodi Teknologi Sains Data Universitas Airlangga

Mengoptimalkan Marketplace dengan Sains Data: Pengalaman Belanja Lebih Baik

Diperbarui: 10 Mei 2023   23:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Shutterstock

Perkembangan zaman dan teknologi menjadikan konsumen dapat berbelanja kebutuhannya secara online dan tidak perlu datang langsung ketempatnya. Hal ini tentu menambah efisiensi dan efektifitas manusia dalam melakukan kegiatannya sehari-hari. Ditambah dengan adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan seseorang tetap di dalam rumah menjadikan marketplace berkembang sangat pesat beberapa tahun belakangan ini.

Perkembangan internet dan tekonologi yang semakin maju juga memengaruhi perkembangan data konvensional menjadi big data. Big data sendiri memiliki pengertian yaitu data yang sangat besar, bukan hanya volumenya tetapi juga data yang cepat dan kompleks.

Perusahaan-perusahaan besar saat ini hampir semuanya menggunakan big data, termasuk marketplace. Dengan menganalisis big data tersebut sebuah marketplace dapat menampilkan produk yang diinginkan konsumen, meningkatkan pengalaman konsumen dalam berbelanja online, serta mengurangi risiko penipuan dan kerugian.

Lalu, bagaimana cara mengolah big data tersebut? Dibutuhkan ilmu sains data yang merupakan ilmu gabungan dari pemrograman, matematika, dan statistika. Hal ini dikarenakan sains data tidak hanya berfokus pada machine learning dan programming tetapi lebih menitik beratkan pada seberapa besar dampak yang dihasilkan pada bidang atau bisnis tertentu.

Berikut adalah cara sains data bekerja dalam mengoptimalkan sistem marketplace.

1. Menampilkan Rekomendasi Barang

Sebuah marketplace akan mengumpulkan data hasil pencarian, ulasan, lokasi, serta tempat tinggal penggunanya. Data-data tersebut akan dijadikan dalam model profile user dimana kegunaan profile user ini untuk mempelajari dan memprediksi aktivitas kita sehingga dapat menampilkan rekomendasi barang yang sedang diinginkan maupun yang diinginkan tapi tidak menyadarinya.

2. Pengiriman yang Cepat

Marketplace tentu memiliki data riwayat pembelian seoarang pengguna, data analitik media sosial, serta data cuaca. Dengan menggabungkan dan menganalisis data-data tersebut, sebuah marketplace dapat menjalankan sistem 2-day shipping dimana hanya membutuhkan 2 hari dan barang sampai kepada pembeli.

3. Mengurangi risiko penipuan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline