"Kolaborasi antara pendidik dan orang tua sangatlah penting guna tercapainya pembelajaran yang maksimal, program pendidikan karakter Tatanen di Bale Atikan tidak melulu hanya untuk dunia Pendidikan namun bisa lebih luas dari itu, misalnya di lingkungan, rumah bahkan tempat wisata" (Dr. H. Purwanto, M.Pd)
Pendidikan di kabupaten Purwakarta telah memiliki banyak perkembangan dan kemajuan, khususnya di jenjang PAUD dimana apa yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan adalah dengan memberikan seluas-luasnya pendidik dan tenaga kependidikan anak dan orng tua untuk berkarya.
Dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka berbasis kearifan lokal maka setiap satuan pendidikan di berikan keleluasaan dalam penerapannya, saya sendiri menghadiri acara tersebut karena memang kita satu tim dalam TIM Pengembang PAUD di Kabupaten Purwakarta.
Misalnya proyek menanam microgreen bagi anak usia dini yang sudah saya lakukan di satuan pendidikan, juga mengikuti rangkaian Pameran Expo TdBA jenjang PAUD satu tahun silam dengan mengangkat tanaman microgreen juga minuman dan makanan sehat lainnya.
Menjadikan program pendidikan karakter di kabupaten Purwakarta terintegrasi dengan kurikulum operasional satuan pendidikan melalui berbagai macam dan cara, khususnya anak usia dini yang masih dalam pertumbuhan dan perkembangan memerlukan asupan gizi yang baik.
Turut hadir ibu Nurkholis Sukmawati, S.Pd. dari TK Merpati Jakarta, ibu Hana Marita Sofianti beserta guru dari KB-TK Rumah Tumbuh Purwakarta sebagai aktifis PAUD yang selalu sedia dalam membimbing implementasi kurikulum merdeka berbasis kearifan lokal.
Beliau mengutarakan jika di sekolah TK Merpati itu sudah terlaksana namun masih menggunakan sayuran pada umumnya, belajar bersama adalah kunci keberhasilan sebuah satuan pendidikan lintas kota dan kabupaten.
Bedanya di kabupaten Purwakarta terdapat desain pembelajaran khusus yang tidak di miliki oleh kabupaten lain, sehingga dalam proses pelaksanaannya sebelum menanam seluruh warga sekolah harus mampu memahami salah satunya kenapa harus menanam microgreen?
Kenapa Harus Microgreen?
Sejatinya menanam dalam program TdBA itu luas tidak dipersempit dengan satu buah proyek saja, namun dalam jenjang anak usia dini penerapannya harus yang cocok, sesuai porsi dan usianya.
Tidak menutup kemungkinan anak dapat belajar dari sumber tanaman manapun dan apapun jenisnya, namun di kabupaten Purwakarta konsentrasi menanam untuk jenjang PAUD adalah menanam Microgreen.