Transformasi Pendidikan jenjang Paud dapat terlihat dari pemaknaan kata Paud dari mulai nama lembaga hingga saat ini menjadi nama seluruh satuan layanan baik formal, nonformal, dan informal.
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan layanan yang diberikan kepada anak dari mulai janin, lahir sampai dengan 6 tahun, semoga dapat bersinergi dengan jenjang berikutnya Sekolah Dasar.
Artinya ketika anak melanjutkan ke jenjang berikutnya layanan akan terus berkesinambungan dan tujuan dari pendidikan nasional 'Ki Hajar Dewantara', mendidik manusia seutuhnya sesuai dengan kodrat dirinya, kodrat alamnya dan kodrat zamannya.
Paud Holistik Integratif dan Urgensi Tdba
Awal pelaksanaan dari 5 layanan Paud Holistik Integratif jenjang Paud adalah dengan menganalisis atau mengidentifikasi Ali dan Ale sebagai berikut :
1. Identifikasi Ali ( Analisis Lingkungan Internal)
Artinya satuan pendidikan menganalisis keadaan lingkungan sekolahnya seperti : Warga Belajar yaitu Keadaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Siswa/i, Keadaan Orang tua, dan lainnya.
2. Identifikasi Ale (Analisis Lingkungan Eksternal)
Merupakan identifikasi keadaan sekitar lingkungan sekolah baik layanan umum atau bukan yang memang dapat bekerjasama dengan satuan pendidikan, misalnya : layanan umum (mushola, lapangan, kantor desa, dll) layanan kesehatan (puskesmas, posyandu, dll).