" Pancaniti memiliki 5 tahapan proses pembelajaran, merupakan model pembelajaran yang sama dengan teori taksonomi bloom dan tujuan pendidikan versi UNESCO " ( Konsep Dasar TdBA)
Sebagaimana dalam artikel saya sebelumnya tentang Evolusi Sistem 4.0 Mendidik Manusia Seutuhnya , TdBA di Purwakarta berkonsep pada pelestarian SDA dan SDM.
Berikut konsep Pendidikan Karakter Integratif Tatanen di Bale Atikan (TdBA) : bersifat kodrati , Gerakan , Kesadaran hidup ekologis , merawat bumi , berguru pada bumi , kegiatan pembelajaran berbasis pancaniti , kegiatan pertanian berbasis permakultur.
Sama dengan tujuan Profil Pelajar Pancasila yaitu beriman , bertakwa kepada Tuhan YME & berakhlak mulia , kebhinekaan global , mandiri , bergotong royong , kreatif dan bernalar kritis.
Setara dalam 21st Century Skills : Critical thinking skills , creativity , collaboration dan communication.
Semua itu terdapat tujuan yang sama bagaimana generasi bangsa memiliki life skill atau keterampilan dalam menghadapi masa depannya selanjutnya juga pada abad 21 sekarang ini.
TdBA memiliki peran penting dan dikembangkan dalam model pembelajaran berbasis Pancaniti di Purwakarta.
Apa itu Model Pembelajaran ?
Merupakan seluruh rangkaian proses belajar mengajar secara langsung atau tidak , sebelum sedang dan sesudah yang meliputi semua aspek . ( Wikipedia)
Adapun ciri-cirinya sebagai berikut :
- Memiliki lingkungan belajar
- Teoritik logis dan rasional
- Landasan pemikiran 5W + 1H
- Tindakan atau tingkah laku mengajar agar semua tahapan di atas dapat berhasil.
Apa itu Pancaniti?