Lihat ke Halaman Asli

Hana Marita Sofianti

Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini, Guru , Blogger, Ghost Writer, Founder MSFQ

Pembagian Kalender Gratis dan "7 Poe Atikan Purwakarta Istimewa"

Diperbarui: 4 Maret 2020   13:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto by hana

Rabu, 04 Maret 2020 Tepatnya pukul 08.00 WIB Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta khususnya bidang PAUD & PNF mengadakan pertemuan rutin terkait sosialisasi program dan monitoring tiap - tiap lembaga perkecamatan.

Adapun kecamatan yang hadir dan terjadwal hari ini adalah gabungan dari dua Kecamatan yaitu Kec. Cibatu dan Kec. Campaka dan di hadiri oleh 30 lembaga diantara yaitu Kec. Campaka sebanyak 17 lembaga dan Kec. Cibatu 13 Lembaga dan di wakili oleh setiap kepala sekolah masing - masing.

Dalam kegiatan rutin tersebut disampaikan bahwa untuk lembaga agar tetap melaksanakan "7 Poe Atikan Istimewa" ( 7 hari ajaran pendidikan Purwakarta istimewa) yang menjadi dasar pendidikan karakter di Kota Purwakarta Istimewa sejak Tahun 2014 pertengahan.

Dr. H. Purwanto, M. Pd. selaku Kepala Dinas Pendidikan Kab. Purwakarta menyampaikan keunggulan dari dasar pendidikan karakter tersebut secara gamblang melalui Kasi PAUD & PNF.

Pendidikan karakter 7 Poe Atikan Istimewa ini di prakarsai oleh Bpk. H. Dedi Mulyadi ( mantan bupati Purwakarta) pada tanggal 26 Maret 2014 dan di perbupkan tahun 2015, berarti sudah berjalan kurang lebih 5 tahun lamanya di Purwakarta sekarang ini.

Foto by hana

Sebenarnya bukan hal yang baru dengan program pendidikan karakter yang di cetuskan oleh mantan bupati Purwakarta tersebut ketika dulu ketika beliau masih menjabat sebagai bupati Purwakarta.

Namun hal yang menjadi lebih istimewa adalah dengan di cetaknya jargon 7 poe atikan tersebut dalam sebuah kalender yang di bagikan secara gratis ke setiap lembaga sekolah dan di lengkapi penampakan foto kepala dinas pendidikan Kabupaten Purwakarta yang fungsinya untuk memudahkan para guru dalam penyampaian dan pelaksanaan program tersebut. 

Keren kan gaes? Plus latar belakang background foto bale guru/ gedung linuhungnya dinas pendidikan Kabupaten Purwakarta yang cetar membahana.

Foto by hana

Tapi bila memang penasaran dengan 7 Poe Atikan Istimewa tersebut mari kita paparkan satu persatu menurut versi anak usia dini yang saya kelola :

1. Poe Senen, Ajeg Nusantara

Jika di aplikasikan di sekolah maka tema yang di usung dalam pembelajaran hari ini adalh menanamkan dan menumbuhkan rasa nasionalisme, patriotisme dan kebangsaan serta cinta tanah air bagi anak usia dini, contohnya: dengan mengenal simbol-simbol kenegaraan, bisa dengan di bacakan cerita kepahlawanan atau histori/sejarah kemerdekaan bangsa ini. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline