Lihat ke Halaman Asli

Pengertian Filsafat Esensialisme dan Tokoh-tokoh

Diperbarui: 22 Mei 2020   17:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Assalamualaikum wr wb disini saya akan menjelaskan tentang pengertian filsafat esensialisme beserta tokoh tokohnya. 

A.Pengertian Filsafat Esensialisme

Pendidikan merupakan rencana mewujudkan suasana belajar agar peserta didik mampu mengembangkan potensi dirinya baik dari segi kekuatan, kepribadian, dan kecerdasan. Pendidikan merupakan suatu proses yang dapat menuntun siswanya agar menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Dan di zaman seperti ini, kita sebagai pendidik harus bisa mewujudkan berbagai bidang pendidikan. Karena pendidikan merupakan modal atau cara  dalam menerapkan ilmu agar dapat bermanfaat bagi kita ataupun untuk semua calon pendidik.

Merupakan aliran yang berkeinginan mengembalikan manusia pada kebudayaan lama. Tujuannya agar menjadi kan pribadi yg lebih baik. Baik dari segi dunia maupun akhirat. Pendidikan esensialisme juga berpandangan bahwa pendidikan harus berpijak pada nila-nilai yang memiliki kejelasan dan tahan lama. Dan aliran ini juga mengharapkan agar manusia kembali ke kebudayaan yang lama.

Tujuan dari Pendidikan adalah agar dapat menjadikan murid atau calon mendidik menjadi generasi yang perpendidik dan mampu mencakup semua ilmu, dan dapat menjadikan kehidupan yang bahagia terhadap dunia maupun akhirat kelak. Berikut tokoh tokoh filsafat esensialisme :

B.Tokoh Filsafat Esensialisme

1. William C Bagley

    William beranggapan bahwa fungsi dari pendidikan adalah untuk menyampaikan dan melestarikan warisan sebuah budaya dan juga sejarah kepada generasi muda.

2. Frederick Breeds

    Memiliki pendapat bahwa pendidikan lebih mementingkan mendukung seorang siswa untuk memilih sesuatu yang lebih penting bagi dirinya.

3. Georg wilhelm friedrich

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline