Lihat ke Halaman Asli

Abu Hanifah

Pelajar SMA

Kebiasaan-kebiasaan kecil dalam bermasyarakat agar terlihat lebih baik

Diperbarui: 22 Maret 2024   14:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: https://pin.it/1NobpBmFd

     Tentunya, sikap dan kebiasaan kita sangat berpengaruh dalam pandangan sosial dimasyarakat kita. Banyak hal yang dilupakan oleh sebagian besar individu di masyarakat, karena merasa hal tersebut sangat merepotkan bagi mereka.

   Dalam anggapan ini, mereka merasa bahwa hal-hal atau sikap dan perilaku yang harus mereka lakukan itu terkesan sulit dan sangat merepotkan bagi sebagian besar individu. Padahal pada kenyataannya kita hanya perlu menerapkan beberapa kebiasaan-kebiasaan kecil saja untuk terlihat lebih baik dimata masyarakat kita, yaitu:

1). Tepat waktu saat berjanjian. pastikan  ketika kalian membuat janji atau sedang berjanji dengan seseorang, tepati lah janji tersebut dengan waktu yang dijanjikan. Ini akan memberi kesan bahwa anda adalah termasuk seseorang yang penting dalam rencana tersebut. 

2). Membiasakan kata "maaf, tolong, dan terima kasih". Ketika kalian membiasakan diri dengan kata "maaf, tolong, dan terima kasih". Ini akan menunjukkan bahwa anda adalah seseorang yang murah hati dan tidak segan untuk meminta bantuan pada orang lain. 

3). Mendengar, bukan menjawab. Seperti permainan kata. mendengar, bukan menjawab. Yaitu, ketika lawan bicara kita sedang mengeluarkan opini atau pendapatnya pada kita. Hal yang mesti kita lakukan ialah dengan mendengarnya untuk memahami pendapat atau opininya, bukan menjawab pendapatnya dengan pendapat milik kita. karna, Ini akan memberikan kesan bahwa anda adalah seorang yang cenderung egois dan dinilai tidak bisa menghargai pendapat atau opini orang lain.

4). Menatap mata lawan bicara. Penting sekali dalam pembicaraan dengan seseorang untuk sesekali kita berani untuk menatap mata lawan bicara kita, hal ini akan memberikan kesan bahwa kita sedang mendengarkan dan memperhatikan apa yang lawan bicara kita sampaikan. Dengan begitu lawan bicara kita akan merasa dihargai dan nantinya apa yang kita sampaikan akan lebih diperhatikan kembali oleh lawan bicara kita.

5). Tidak lupa nama seseorang. hal ini sangat berdampak sekali. Karna pada dasarnya seseorang itu pasti memiliki yang namanya sifat "Narsistik" yang  mana jika kita sekedar mengingat namanya saja, seseorang akan merasa diperhatikan dan ini akan memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang bersahabat dan baik (tidak berbahaya).

6). Berkata baik atau diam. mengapa demikian? karna jika kita salah dalam memilih kata sedikit saja untuk dilontarkan kepada seseorang, ini akan berdampak buruk dengan penilaian seseorang terhadap kita. Anda bisa saja dilabeli sebagai seseorang yang terlalu blak-blakan dan seorang yang tidak mengerti perasaan orang lain.

   Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan kecil tersebut anda akan mengerti bahwa sikap dan perilaku kita akan berpengaruh kepada masyarakat dan orang lain walau sekecil apapun. Dengan menerapkan beberapa kebiasaan ini, memungkinkan untuk anda memiliki atau mencapai pada tingkat kecerdasan sosial yang lebih tinggi. Sekian, jangan lupa bernafas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline