Lihat ke Halaman Asli

Belajar Sukses Ke Jepang

Diperbarui: 25 Juni 2015   22:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jika mendengar kata Jepang, kita pasti berpikir tentang bunga sakura. Di negara ini memang terdapat banyak pohon sakura. Namun, Jepang tidak hanya terkenal dengan sakuranya saja. Negeri sakura ini juga terkenal dengan tekhnologinya yang maju, budayanya yang khas, serta orang-orangnya yang pandai.

Jam kerja di Jepang merupakan jam kerja tertinggi di dunia. Meskipun demikian, pekerjaan mereka tetap maksimal. Tak khayal, jika oang-orang Jepang banyak yang hidup sukses di atas rata-rata negara lain. Tentunya, kesuksesan tersebut tidak hanya diraih dengan kerja terus menerus. Namun, kesuksesan juga dipengaruhi oleh kepribadia masing-masing orang. Berikut ini kunci Sukses orang-orang Jepang yang mungkin bisa dijadikan contoh bagi Indonesia:

1.Orang-orangnya yang ramah.

Meskipun Tokyo merupakan kota dengan penduduk terpadat sedunia, tetapi orang-orang di sana tetap menjaga keramahan antar sesama. Orang Jepang tidak akan segan untuk bertegur sapa dengan siapapun dan di manapun ia berada. Selain itu, mereka juga menghargai pejalan kaki, orang asing, kebersihan, dan antrian. Sepadat apapun jadwal yang mereka miliki, mereka tidak pernah menyela antria dan selalu tersenyum serta membungkukkan badan.

2.Kejujuran.

Tidak hanya penduduk terpadat, di Jepang juga terdapat kota dengan biaya hidup paling mahal sedunia, Tokyo. Biaya pajak yang dibayar oleh rakyat juga jauh lebih mahal dari pada di Indonesia. Akan tetapi, meski dibebani biaya hidup begitu tinggi, tingkat tindakan kriminal seperti pencurian, penjambretan, dan perampokan tergolong sedikit. Bahkan, jika barang kita tertinggal disuatu tempat, kemungkinan besar barang kita tetap utuh. Tidak ada yang mengambil.

3.Harga diri yang tinggi

Rata-rata orang Jepang mempunyai harga diri yang tinggi. Mereka sangat ulet, giat, dan sangat rajin dalam bekerja. Meski tidak semua masyarakat di sana hidup makmur, mereka pantang bermalas-malasan apalagi meminta-minta. Bahkan untuk menerima tips dari orang lain saja, mereka anggap perbuatan yang memalukan. Perlu diketahui, sesungguhnya rezeki berpihak pada mereka yang menjaga harga diri.

Demikianlah beberapa rahasia yang menyebabkan orang Jepang sukses. Menjadi sukses itu merupakan suatu pilihan. Jadi mengapa tidak kita pilih dan mulai berusaha dari sekarang?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline