Lihat ke Halaman Asli

Hamzah Nazarudin

DOSEN/POLITEKNIK NEGERI KUPANG

Menanti Pemilu 2024, Seberapa Penting Personal Branding Bagi Para Caleg

Diperbarui: 13 November 2023   14:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Konstelasi politik semakin tingg menjelang pemilu 2024, Ruang debat para politisi, para caleg dan seluruh masayarakat Indonesia semakin memanas di berbagai media terutama media online. 

Berbagai Statement politik berupa kampanye politik dari para politisi, para caleg, tim sukses maupun simpatisan terkadang mengedukasi pemilih dengan menawarkan, visi, misi dan program kerja  namun tidak sedikit statetement politik yang mendiskreditkan, memfitnah para figure dan caleg yang menimbulkan black camping.   

Sebagai akademisi yang menerawang dan menganalisis  setiap fenomena dan persoalan sosial termasuk persoalan politik, selalu menggunakan perspektif teoritis dan menjunjung tinggi nilai obyektifitas karena kebebasan berpikir pada ruang akademisi.

Menurut saya durasi waktu pemilu hanya beberapa bulan lagi, hal penting yang menjadi fokus perhatian para caleg adalah  bagaimana membangun personal branding (kepribadian merek) untuk mendekatkan diri (figur) caleg ke lubuk hati pemilih. 

Personal branding merupakan proses pembentukan citra diri di mata orang lain terhadap aspek - aspek yang dimiliki seseorang. Promosi diri ini meliputi kepribadian, pencapaian yang telah di raih,  prestasi dan nilai - nilai lain yang di miliki oleh seseorang. 

Personal branding dapat terlihat dari cara berpakaian, cara berbicara dan menyampaikan pesan secara lisan maupun tulisan di media online dan off line termasuk semua kepribadian yang melekat pada seorang caleg dan di lakukan secara konsisten serta  di sadari orang lain, maka dapat membangun personal branding seseorang tanpa di sadari orang tersebut. 

Namun personal branding bisa di bangun dengan sengaja artinya seorang caleg dapat mendesain bagaimana perspektif pemilih terhadap figur seorang caleg. Citra diri yang positif, profesional dan baik sangat di perlukan untuk menunjukan kredibilitas seorang caleg.

Menurut Gill Corkindale, yang menulis artikel di Harvard business Review menyatakan bahwa ada 4 hal penting dalam personal branding yaitu:

1. Menarik untuk orang - orang di sekitarnya

2. Otentik (Asli, tidak duplikasi orang lain)

3. konsisten

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline