Lihat ke Halaman Asli

Danapera MNCGroup Cair Hanya Iuran Pekerja, Bagaimana Nasib Karyawan yang Resign?

Diperbarui: 8 September 2021   13:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Mundur beberapa tahun yang lalu awal ketika diterima bekerja daerah Kebon Sirih Jakarta, ikut bagian dari media terbesar se-Asia Tenggara. Pesona dengan banyaknya proyek pembangunan gedung milik perusahaan sendiri, lokasi strategis naik transportasi umumpun mudah, layaknya bisnis bendera perusahaan berkibar tinggi dari jauh.

Tersirat kesejahteraan karyawan juga ikut bahagia disini. Passion belajar sayapun mengebu, lembur makanan sehari-hari. Mengingatkan kembali mendiang Ayah sebagai wartawan senior majalah TEMPO, akhirnya bisa kerja di dunia kuli tinta, ujarku bangga.

Kini semua keadaan berubah drastis, cenderung merugi hebatnya bisa rekrut orang baru, belanja alat pendukung, giliran karyawan lama, bukan penghargaan atas pengabdian bertahun-tahun demi perusahaan, ternyata menjadi karyawan yang tersingkirkan. 

Status karyawan tetap, pangkat cuma staff , gaji UMR, tunjangan dana pensiun masih  dipotong dari gaji. Apakah jadi boros pengeluaran buat perusahaan yah,? Begitulah pengorbanan sudah terjadi dan makin percaya keadilan itu hanya memihak yang punya uang. 

Akhirnya mengundurkan diri jalan keluarnya, di Bulan Februari 2021 sebagai voulenteer resign demi menyelamatkan keuangan perusahaan Koran SINDO. Tahun ini pandemi Covid 19 berkepanjangan, semua serba keluh, susah, tetap sabar menunggu uang hasil potongan gaji sebelum pensiun. Istilahnya, karena resign sebelum memasuki usia pensiun, jika lancar iya, dapatnya bisa 100%, tapi ini kan tidak sampai segitu. 

Hitungan kasarnya, karyawan mengabdi 8 tahun sudah dikurangi potong +/- 3 %, sisanya perusahaan yang potong kurang lebih 7/8 %, ironisnya hasil itu semua diambil dari gaji pokok karyawan. Total semua potongan, tetap dibawah UMR hasil jerih payah yang diterima.

Kembali ke Nominal karyawan staff Rp. 128.000,- di potong kantor Rp. 280.000,- jadi total potongan 410.000,-/bulan dengan gaji UMR total pencairannya -/+24 juta uang pengembangan Danaperanya, selama 8 tahun jadi peserta.

Apa itu Danapera? (Dana Pensiun Bimantara) pengelolaan dana pensiun milik MNCgroup bagi pegawai tetap yang rutin dipotong tiap bulan dari gaji begitu juga koperasi karyawan. 

Pencairan Danapera yang tertera proses 30 hari kerja ternyata teori slogan yang jauh dari kenyataan, sampai sekarang sudah melebihi 6 bulan cairnya cuma iuran pekerja saja, jadi selama ini mungkin pihak Danapera cari duit, mencari akal pake aturan ini itu selama 6 bulan itu, mungkinkah?.

Bisa Anda bayangkan, tidak sampai setengahnya, dari 24 juta cuman 9.6 juta dapatnya 40% potongannya 60 %. Astagfirullah.., siap-siap buat peserta Danapera karyawan yang resign pertengahan Tahun ini, jangan kaget yah. Sudah menunggu lama, dapatnya tidak sepadan sesuai potongan.

Ditanyakan ke Danapera lebih banyak diam seribu bahasa (seperti ada rahasia). Desas desusnya berhembus kabar yang membuat peserta Danapera pasti kecewa, adalah ada perintah pencairan ditangguhkan sementara. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline