Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Kencur Sebagai Tanaman Obat Keluarga Si Penawar Lelah

Diperbarui: 14 April 2023   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Di dunia ini tersebar banyak sekali ragam tumbuhan atau tanaman obat berkhasiat yang keberadaannya  memberikan manfaat luar biasa bagi makhluk hidup lainnya khususnya bagi manusia. Tumbuhan berkhasiat tersebut banyak digunakan oleh manusia dalam bidang kesehatan, kecantikan, kuliner dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini, penulis akan mengulas tanaman hidup berkhasiat (Kencur) yang dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional yang low budget dan aman untuk dikonsumsi oleh makhluk hidup utamanya bangsa manusia. 

 Kencur

Bernama latin Kaempferia galanga, Kencur merupakan salah satu tanaman obat berkhasiat yang masuk dalam keluarga Zingiberaceae yaitu tumbuhan sejenis temu - temuan. Kencur masih satu rumpun dengan temu - temuan lain seperti temulawak, jahe, kunyit, lengkuas, temu kunci, temu giring dan lain sebagainya. Kencur dapat tumbuh dimana saja terutama  ditanah yang subur dan gembur. Kencur memiliki aroma yang sangat unik dan cita rasa yang khas sehingga acapkali sering digunakan sebagai bahan campuran masakan seperti pada makanan Seblak yang akhir - akhir ini populer di kalangan masyarakat Indonesia khususnya. Disamping itu, kencur sejak dulu juga sering dimanfaatkan sebagai salah satu obat tradisonal a untuk menyembuhkan penyakit dan menjaga kesehan tubuh anggota keluarga.  

Apa saja kandungan nutrisi yang ada pada Kencur?

 Dibawah ini adalah beberapa nutrisi penting yang membuat Kencur begitu berkhasiat untuk kesehatan dan tubuh kita 

1. Minyak Esensial dan senyawa bersifat antioksidan, anti radang, anti nyeri dan anti bakteri.

2. Protein

3. Serat

4. Mineral

5. Vitamin B, vitamin C, Vitamin K, dan folat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline