Lihat ke Halaman Asli

Hammam Thoriq

Mahasiswa Stai Al-Hamidiyah Jakarta

Penggunaan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran SKI Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah

Diperbarui: 1 November 2023   20:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Contoh Desain Media pembelajaran PAKAR ARAH (Dokpri)

Sering kita temui di setiap  proses pembelajaran SKI (sejarah kebudayaan islam) di Madrasah Ibtidaiyah guru mengalami kesulitan dalam penyampaian materi yang di pelajari, maka dari itu  guru dan calon guru harus dapat membuat media pembelajaran.

pada tema kali ini penulis akan sedikit menjelaskan,membuat dan mempraktekkan media pembelajaran yang sudah penulis buat. sebelumnya ada hal perlu temen-temen tahu,apa itu media pembelajaran? nah, Media pembelajaran adalah segala bentuk alat atau bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam memahami dan menguasai materi pelajaran. 

langsung saja guys penulis akan menjelaskan media pembelajaran yang sudah penulis buat.,, Pada kali ini penulis media pembelajaran yang bernama "PAKAR ARAH"(pasang kartu pembelajaran sejarah) dimana penulis terinspirasi dari video youtube https://youtu.be/0npwkGFxr2M?si=jG2LUdFmva7ioAOL . pada media pembelajaran tersebut alat yang perlu di siapkan adalah : kertas karton, lem kertas/lem karton, gunting,double tip,spidol hitam papan tulis dan penggarisan.

Lanjut kita ke step pembuatan yah guys, pertama Gunting dua lembar karton di potong potong menjadi bagian kotak sebanyak 12 kotak. 

Kedua Tulislah di setiap kotak dengan soal dan jawaban,untuk di kertas yg di potong kotak berwarna  biru di tuliskan (soal) dan untuk kertas yang di potong kotak berwarna pink di tuliskan  (jawaban).

ketiga  Media pembelajaran sudah siap di gunakan.

Nah guys udah tau kan cara membuat nya,sekarang penulis akan menjelaskan cara pemakaian  media pembelajaran nya guys.

pertama, guru menjelaskan terlebih dahulu materi yang di pelajari oleh siswa.

kedua, setelah guru menjelaskan materi yang dipelajari guru membagi siswa menjadi 2 kelompok. kelompok pertama menjadi kelompok yang memberikan pertanyaan dan kelompok kedua menjadi kelompok yang menjawab pertanyaan.

ketiga, guru mempersilahkan perwakilan kelompok untuk maju ke depan mengambil kertas jawaban, lalu perwakilan kelompok tersebut memimpin diskusi dengan teman-temannya.

keempat, setelah kelompok pemberi jawaban selesai diskusi guru mempersilahakan perwakilan kelompok maju ke depan untuk memasangkan kartu soal di papan arah yang sudah di sediakan oleh guru.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline