Lihat ke Halaman Asli

Hamka Syifa

Profesi sebagai pelajar/Mahasiswa di Universitas Siliwangi

Sahabat Terbaik untuk Kehidupan Kita adalah Al Quran

Diperbarui: 10 Oktober 2022   21:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa yang terlintas di pikiran kalian apabila mendengar kata sahabat?Ya ia adalah sosok orang yang mana orang ingin mempunyainya. Sahabat seringkali diidentikkan dengan sikapnya yang care banget ke kita. Ia tahu betul apa yang harus ia lakukan ketika melihat kondisi sahabatnya, apapun kondisinya itu dia selalu menjadi yang mewarnai dari peristiwa itu menjadi lebih hidup. 

Dalam Wikipedia istilah "persahabatan" menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan, afeksi dan perasaan . Sahabat selalu ada buat kita disaat kita sedih,senang maupun dalam keadaan paling sulit pun sahabat tidak akan meninggalkan kita. Oleh karena itu, sahabat adalah sesuatu yang didambakan setiap insan di dunia ini. Tetapi hal itu, perlu pencarian kecocokan antara kedua/kumpulan orang untuk bisa menjalani persahabatan yang tidak akan putus selama tidak di pisahkan oleh maut. 

Tapi tahukah kamu, sahabat terbaik dalam kehidupan ini, sebenarnya mudah di temukan, lho! Sebagai seorang muslim, sejak kita anak-anak pun sebenarnya kita sudah memiliki sahabat terbaik dari yang terbaik di dunia, yaitu Al-qur'an. 

Selain sebagai mukjizat yang di turunkan kepada Nabi Muhammad dan sebagai hidayah bagi seluruh umat manusia, Al-qur'an juga sebagai sahabat bagi kehidupan seorang muslim. Al-qur'an bisa menjadi solusi bagi segala permasalahan yang terjadi pada diri kita. Sebagaimana Allah berfirman dalam SuratAn-nahl ayat 89 :

"Dan Kami turunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu untuk menjelaskan segala sesuatu, sebagai petunjuk, serta rahmat dan kabar gembira bagi orang yang berserah diri (Muslim). "

Selain menjadi solusi bagi permasalahan yang menimpa kita, Al-qur'an juga bisa menjadi penyimak/penenang di saat kita sedang gundah gulana, walaupun Al-qur'an sebuah tulisan tetapi hal itu sudah mewakili sahabat yang selalu mendengarkan dan mengiyakan cerita kita dengan kisah-kisah dan ibroh-ibroh yang bisa kita ambil dari Al-qur'an tersebut. Allah berfirman dalam Q.S. Yunus [10]: 57 :

"Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur'an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman."

Maka mari, selaku seorang muslim kita mulai menjadikan Al-qur'an sebagai sahabat kita. Al-qur'an tidak akan meninggalkan kita,tetapi kitalah yang memutuskan.Al-qur'an bisa menjadi lebih dari sekedar sahabat bagi kita, banyak manfaat dan fungsi Al-qur'an di kehidupan kita, cukuplah dua hal yang di sebutkan di atas bisa menjadi motivasi bagi kita untuk segera kembali lagi kepada Al-qur'an ketika kita mengalami permasalahan apapun itu, baik di kala senang maupun sedih.   




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline